Kaya Nutrisi dan Antioksidan, Inilah Empat Manfaat Buah Rambutan

By National Geographic Indonesia, Senin, 25 Februari 2019 | 09:37 WIB
Rambutan. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Siapa yang tak kenal dengan buah rambutan? Ya, buah yang memiliki ciri khas rambut pada kulitnya ini terasa sangat segar dan nikmat ketika dimakan. Tidak hanya sekadar menawarkan kesegaran, tidak banyak orang yang tahu bahwa buah rambutan juga bermanfaat untuk kesehatan, lho! Yuk, simak berbagai manfaat buah rambutan pada ulasan berikut ini.

Beragam manfaat buah rambutan bagi kesehatan

Buah rambutan mempunyai nama latin Nephelium lappaceum. Buah yang khas dengan rambutnya ini merupakan buah asli asal Asia Tenggara.

Jika diperhatikan, buah rambutan sekilas mirip seperti buah leci. Meski sama-sama berwarna merah dan terasa segar, buah rambutan sangat mudah dibedakan hanya dengan melihat rambut yang tumbuh pada kulit buahnya, sehingga berbeda dengan buah leci.

Baca Juga : Tujuh Jenis Makanan Sehat yang Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat

Banyak orang yang belum tahu kalau buah rambutan termasuk buah super karena berkhasiat untuk kesehatan. Berbagai manfaat buah rambutan adalah:

1. Kaya nutrisi dan antioksidan

Sama seperti jenis buah pada umumnya, buah rambutan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dilansir dari Healthline, setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3-2 gram serat yang baik untuk tubuh. Bahkan, kandungan serat ini setara dengan apel, jeruk, atau pir dalam berat yang sama, lho!

Manfaat buah rambutan lainnya juga dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh. Ini karena buah rambutan mengandung kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas.

Jika Anda mengonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, maka Anda sudah dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak antioksidan yang masuk ke dalam tubuh, maka sel-sel tubuh Anda tentu akan semakin terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain kaya vitamin, buah rambutan juga mengandung banyak mineral penting, lho! Mineral utamanya terletak pada kandungan tembaga dalam daging rambutan. Tembaga ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak, dan jantung.

Hanya dengan makan 100 gram atau setara dengan 4 buah daging rambutan saja, Anda sudah memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian Anda, lho! Bahkan, Anda juga mendapatkan asupan mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan, seng dari buah rambutan, meskipun jumlahnya lebih sedikit.

2. Melancarkan pencernaan

Apakah akhir-akhir ini Anda punya masalah sembelit alias susah buang air besar? Kalau ya, coba rasakan manfaat buah rambutan yang satu ini, yuk!

Rambutan termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Sekitar setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Maksudnya, jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.