Atasi Rasa Lelah Pada Mata Dengan Melakukan Enam Hal Berikut

By Nathania Kinanti, Rabu, 27 Februari 2019 | 09:00 WIB
Menatap layar komputer atau gadget dapat menimbulkan mata lelah, membuat mata terasa panas, kering, berair. (seb_ra/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menatap layar komputer atau gadget selama berjam-jam dapat membuat mata lelah sehingga terasa panas, kering, gatal, atau berair. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa gerakan berikut ini.

1. Sauna telapak tangan

Cara ini dilakukan dengan menggosok kedua telapak tangan, kemudian tutup kedua mata dengan tangan yang sudah menghangat tersebut. Posisi kedua ujung jari bersandar di dahi, telapak tangan berada di atas mata, dan tumit tangan bertumpu di pipi.

Telapak tangan tidak boleh langsung menempel pada mata. Sisakan sedikit ruang untuk mata sambil memungkinkan tangan kita tetap menutup mata. Setelah itu lemaskan mata dan bersantailah selama beberapa detik hingga lima menit, dan lepaskan tangan perlahan dari mata.

Baca Juga : Hematidrosis, Penyakit yang Membuat Seseorang Mengeluarkan Keringat dan Air Mata Darah

2. Memutar bola mata

Santaikan badan serta lemaskan otot-otot pada mata dan wajah Anda. Setelah itu arahkan pandangan ke atas dan pelan-pelan gerakan bola mata membentuk lingkaran searah jarum jam.

Selama memutar bola mata, cobalah memfokuskan pandangan pada obyek disekitar anda. Lakukan gerakan ini sampai mata terasa lebih baik, dan terus ulangi sebanyak tiga kali lalu tutup mata dan bersantai lah sejenak. Lanjutkan dengan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan sebanyak tiga kali.

3. Gonta-ganti fokus

Posisikan tubuh anda senyaman mungkin, lalu luruskan satu lengan Anda dengan posisi kepalan tangan yang sejajar didepan mata. Arahkan ibu jari keatas seakan membuat tanda "oke" lalu fokuskan pandangan pada ibu jari.

Jaga pandangan tetap fokus pada ibu jari sambil perlahan menarik ibu jari mendekati hidung sampai pandangan anda tidak bisa fokus. Tarik napas dalam-dalam, buang perlahan dan arahkan ibu jari ke posisi semula (menjauh). Ulangi lagi sebanyak sepuluh kali.

4. Melihat jarak jauh