Peristiwa Langit Maret 2019, Planet Sejajar dengan Matahari Hingga Ekuinoks

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 1 Maret 2019 | 10:48 WIB
Ilustrasi Planet Neptunus dengan Matahari berada di belakangnya. (suman bhaumik/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bulan Februari sudah berakhir dan sekaligus menjadi penanda dimulainya bulan baru, Maret. Bagi Anda yang gemar mengamati langit, memasuki bulan baru berarti memasuki kegiatan baru dalam menyaksikan peristiwa langit lainnya.

Untuk itu kami rangkumkan peristiwa langit yang terjadi selama bulan Maret. Bisa dibilang pada bulan Maret ini tidak ada sesuatu yang besar dan menarik minat banyak orang.

Baca Juga : Mengapa Hewan Nokturnal Dikaitkan dengan Hal yang Menyeramkan?

Konjungsi Neptunus

Pada tanggal 7 Maret, Neptunus akan mengalami konjungsi, atau dalam posisi yang sejajar dengan Matahari.

Neptunus akan berada pada jarak terjauhnya dari Bumi, yakni 30,93 Astronomical Unit (AU), atau setara dengan 4.627.062.140,75,10 km. Neptunus juga akan berada pada sisi berlawanan dengan Bumi, dengan Matahari berada di antara keduanya.

Bila diamati dari Bumi, Neptunus akan terlihat sangat dekat dengan Matahari pada jarak 0°57’. Artinya, kita tidak dapat melakukan pengamatan dari Bumi. Kalaupun bisa, maka Neptunus akan sangat redup dengan diameter piringan 2,2’’.

Konjungsi Inferior Merkurius

Pada tanggal 15 Maret Merkurius akan sejajar di antara Matahari dan Bumi, dan terpisah 3°29′ dari Matahari.

Posisi ini juga menjadikan Merkurius berada pada lintasan terdekatnya dengan Bumi, yakni pada jarak 0,62 AU, atau setara dengan 92.750.679,83 km.

Senasib dengan Neptunus, Merkurius juga tidak dapat diamati dari Bumi. Waktu terbit dan terbenam yang hampir bersamaan dengan Matahari menjadi penyebabnya.

Peristiwa konjungsi inferior Merkurius juga menjadi tanda berakhirnya kenampakan planet ini saat senja dan bertransisi menjadi planet yang muncul saat fajar dalam beberapa minggu lagi.