Mudah Merasa Lelah? Mungkin Saja Anda Mengidap Masalah Kesehatan Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 6 Maret 2019 | 10:00 WIB
Ilustrasi seseorang yang tengah merasakan kelelahan. (Tero Vesalainen/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Merasa lelah setelah melakukan kegiatan berat adalah hal yang wajar. Namun sering merasa lelah walaupun tidur cukup dan tidak banyak melakukan hal berat, bisa jadi sebuah pertanda atas permasalahan kesehatan.

Berikut ini adalah lima permasalahan kesehatan yang mungkin Anda hadapi bila sering merasa lelah.

Sleep apnea

Sleep apnea terjadi ketika jaringan lunak di belakang tenggorokan runtuh dan menghalangi jalur pernapasan. Dampaknya adalah Anda akan berulang kali terbangun karena sulit bernapas saat tidur.

Baca Juga : Bersih dari HIV, Pria London ini Sudah 18 Bulan Berhenti Mengonsumsi Obat Antiretroviral

Jalur napas yang tertutup juga dapat membuat Anda kekurangan oksigen selam tidur. Itulah sebabnya Anda tidak benar-benar istirahat ketika sedang tidur. Otak akan memberi peringatan ketika Anda tak mengeluarkan karbondioksida dengan membuat tubuh sering terbangun dalam keadaan kaget.

Akibatnya, Anda akan sering mengantuk pada siang hari, atau mudah tertidur dan terkadang dengan dengkuran keras.

Anemia

Perasaan lesu, mudah marah, lemah, atau tidak dapat fokus bisa saja menandakan bahwa Anda kekurangan zat besi, atau anemia. Kondisi ini membuat darah kesulitan menyuplai oksigen ke seluruh tubuh karena jumlah sel darah merah menyusut.

Ketika kadar oksigen di otak, otot, dan organ menurun, Anda akan merasakan kelelahan karena produksi energi di dalam sel-sel terhambat.

Permasalahan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh, terutama tingkat metabolik. Penurunan produksi hormon tiroid akan memicu proses metabolisme yang melambat untuk menghemat energi, sehingga membuat kita merasa selalu lelah.