Orca Tipe D, Hewan Langka yang Diduga Spesies Paus Pembunuh Baru

By Nathania Kinanti, Rabu, 13 Maret 2019 | 07:30 WIB
Paus yang diduga spesies paus pembunuh baru. (NOAA/via IFL Science)

Nationalgeographic.co.id - Sudah sejak lama paus pembunuh "Tipe D" dipelajari oleh para peneliti. Dan kini, mereka akhirnya menemukan bukti kehadiran paus tersebut.

Paus pembunuh atau orca tipe D ini terlihat di sekitar wilayah pantai Cile ketika tim peneliti melakukan pencarian di Tanjung Horn. 

Baca Juga : Merayakan Musim Dingin Ekstrem di Atas Danau Kuno Beku Mongolia

Peneliti telah berhasil mengambil tiga sampel biopsi melalui kulit paus. Meski begitu, perlu waktu beberapa bulan lagi untuk mengetahui hasilnya apakah paus pembunuh ini adalah spesies baru.

Sebelumnya, orca misterius ini hanya dikenal melalui cerita-cerita anekdotal para nelayan dan beberapa foto.

Bob Pitman, peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan: "Paus pembunuh tipe D bisa menjadi hewan terbesar yang tidak terindentifikasi di planet ini. Menjelaskan betapa sedikitnya pengetahuan kita tentang kehidupan di laut."

Atas : tipe paus pembunuh pada umumnya. Bawah : Paus pembunuh tipe D. (Uko Gorter/ via Live Science)

Baca Juga : Berhasil Lepas dari Jugun Ianfu Karena Menyamar Sebagai Lelaki

Pitman sendiri telah melakukan penelitian tentang Orca tipe D sejak tahun 2010. Pada 2013, dia mengonfirmasi paus tipe ini sebagai spesies orca yang baru dan kemungkinan besar sudah muncul sejak 390 ribu tahun lalu.

Yang membedakannya dengan tipe paus pembunuh lainnya (tipe A,B, dan C) adalah ukurannya yang lebih kecil, bercak berwarna putih di sekitar matanya lebih sedikit, bentuk kepalanya lebih bulat dan sirip di bagian punggungnya lebih runcing.