Tingkatkan Ketajaman Otak Anak dengan Lima Makanan Berikut

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 14 Maret 2019 | 11:08 WIB
Ilustrasi kemampuan otak (ipopba/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi Anda yang memiliki anak atau keponakan, tentu menginginkan mereka tumbuh dengan kemampuan otak yang baik. Tidak jarang bahkan kita rela melakukan berbagai hal untuk mewujudkan hal tersebut.

Tidak harus mengeluarkan banyak uang atau melakukan hal-hal berat, Anda cukup memenuhi pangan dengan berbagai kandungan yang dibutuhkan oleh otak.

Selain sayur dan buah-buahan, beberapa makanan ini dapat meningkatkan ketajaman otak anak di atas satu tahun dan mengoptimalkan kemampuan konsentrasinya.

Baca Juga : Genderqueer, Ketika Seseorang Tidak Merasa Sebagai Pria Ataupun Wanita

Telur

Dalam tahun-tahun awal, otak anak sedang mengalami perkembangan yang signifikan. Lantas apa hubungannya dengan telur? Kuning telur kaya akan kolin, vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel memori dalam otak.

Telur juga memiliki kadar protein tinggi, mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin A. Semua nutrisi itu penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel-sel.

Ikan dengan kandungan omega-3

ikan salmon (YelenaYemchuk)

Salmon, makerel, tuna, dan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 dan harus dikonsumsi oleh anak setidaknya seminggu sekali. Asam lemak omega-3 merupakan komponen penting yang diperlukan dalam perkembangan sel otak.

Selain itu, omega-3 juga memiliki pengaruh dalam fungsi memori serta sel-sel penghubung antarsaraf. Studi juga menemukan hubungan antara kemampuan buruk dalam membaca dengan minimnya kadar omega-3 pada otak anak.

Oat, sereal, dan roti gandum