Air Sawah Mendidih di Purbalingga, Apa Penyebab Fenomena Ini?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 14 Maret 2019 | 12:54 WIB
Garis polisi dipasang di sekitar lokasi. (Dok. Humas Polres Purbalingga via Kompas.com)

Nationalgeographic.co.id - Tanpa ada pertanda, sawah di Desa Kalimanah Kulon, Kecamatan Kalimanah tampak seperti mendidih. Gelembung-gelembung keluar, disertai dengan semburan asap dan uap panas.

Kejadian ini bermula pada Selasa (12/3/2019), ketika Sariman (65) dan Herman (37), mendapati tanah lumpur di tempat itu tampak seperti mendidih. Keesokannya, lahan tersebut masih mengeluarkan buih dan uap panas.

Baca Juga : Menteri India: Gunakan Urine Manusia untuk Membuat Pupuk Pertanian

"Gelembungnya masih keluar, ditambah nyembur asap, jadi kami lapor ke perangkat desa," ucap Sariman seperti dikutip dari Kompas.com.

Merespons laporan dari perangkat desa yang berasal dari Sariman, Kapolsek Kalimanah, Ajun Komisaris Polisi Sulasman dalam rilis tertulisnya mengatakan bahwa anggotanya langsung menuju lokasi tersebut.

"Kami mencoba mencari tahu penyebab fenomena tersebut dan curiga jika panas yang keluar dari dalam lumpur berasal dari tiang listrik yang berada tidak jauh dari lokasi," ucap Sulasman.

Pihak kepolisian kemudian berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pengecekan. Benar saja, kecurigaan ini kemudian terbukti.

Baca Juga : Video Seorang Fotografer Nyaris Ditelan Paus Saat Tengah Memotret Hiu

Fenomena mendidih ini berasal dari adanya korsleting yang bersumber dari tiang listrik dan menjalar ke kawat penyangga yang ditanam di bawah area sawah.

Setelah dilakukan penanganan, peristiwa mendidih ini kemudian hilang dan persawahan kembali normal.