Meresahkan, Tersebar Daftar 'Breedready' Berisi Data Wanita Tiongkok yang Siap Memiliki Anak

By Nathania Kinanti, Senin, 18 Maret 2019 | 07:21 WIB
Tiongkok membuat daftar penduduk wanita yang dinyatakan siap berkembang biak. (tanatat/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah daftar bernama "breedready" (siap berkembang biak) dari Tiongkok muncul dalam postingan twitter. Daftar ini berisi para penduduk wanita yang dinyatakan siap untuk memiliki keturunan.

Semua berawal dari Victor Gevers, ahli internet dari yayasan non-profit GDI yang berfokus pada pembelaan kebebasan dalam internet, sedang melihat pusat data terbuka Tiongkok. Setelah itu dia menemukan daftar breedready, mengambil screenshot data tersebut, dan mengunggahnya di twitter.

Baca Juga : Hewan Juga Punya 'Perasaan', Ini Lima Kesamaannya dengan Manusia

Data tersebut berisi informasi personal dari 1,8 juta perempuan Tiongkok. Termasuk alamat, nomor telepon, tanggal ulang tahun, tingkat pendidikan dan status pernikahan.

Dalam kategori "breedready", wanita yang mampu memiliki anak akan diberi tanda angka 1, sementara yang tidak bisa memiliki anak akan diberikan tanda angka 0.

Dari pusat data, Gever juga menemukan bahwa wanita breedready termuda adalah wanita berusia 18 tahun dan tertua berusia 39 tahun.

Adanya daftar tersebut dianggap mereshkan karena selain bisa diakses oleh siapa saja, pembuatnya juga mengategorikan wanita berdasarkan kemampuan untuk melahirkan anak.

Baca Juga : Bukan Hanya Kamuflase, Warna Kulit Bunglon Juga Menggambarkan Emosi

Hingga saat ini, belum diketahui pasti siapa pembuat daftar tersebut. Beberapa orang menduga bahwa itu berasal dari sebuah aplikasi kencan.

Di sisi lain, saat ini telah terjadi penurunan populasi yang terbilang drastis di Tiongkok sehingga berdampak pada penurunan ekonomi. Oleh sebab itu, dugaan lain menyebut bahwa daftar ini adalah ciptaan pemerintah Tiongkok sebagai salah satu cara untuk mengatasi penurunan populasi.