Antara Minum Kopi Panas dan Kopi Dingin, Mana yang Lebih Baik?

By Nathania Kinanti, Rabu, 27 Maret 2019 | 09:43 WIB
Es kopi dengan campuran susu. (AnnaPustynnikova/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Mengonsumsi kopi memang memiliki manfaat tersendiri, mulai dari membuat tubuh lebih bertenaga, sebagai sumber antioksidan, hingga menurunkan berat badan. Namun, manakah yang lebih baik antara kopi panas dan kopi dingin (es kopi)?

Frank Hu, seorang profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H Chan School of Public Health mengatakan bahwa suhu kopi sebenarnya tidak memengaruhi kandungan nutrisi kopi. Ini karena kopi hitam panas ataupun es kopi sama-sama rendah kalori.

Baca Juga : Maria Loretha, Sorgum, dan Kisah Pengorbanan Nyawa Tonu Wujo

Kopi panas dan dingin sama-sama tidak mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan makronutrien lainnya. Namun, kedua versi minuman ini akan berubah nilai gizinya saat ditambahkan perasa atau pemanis.

Kandungan kafeinnya juga sama saja antara kopi panas atau kopi dingin, tidak ada yang lebih kuat kecuali Anda menambahkan dosis kafeinnya.

Meski begitu, efek kafein dalam kopi dingin bisa dibilang lebih tinggi ketimbang kopi panas walaupun es kopi tidak seasam kopi panas. Mengapa?

Kopi dingin memiliki kadar pH 6,31 sementara kopi panas memiliki kadar pH 5,48. Dalam skala pH, semakin rendah angkanya maka semakin asam sifat zatnya. Rendahnya pH pada kopi panas disebabkan oleh penggunaan air panas untuk menyeduh kopi.

Orang yang sensitif dengan kafein atau memiliki masalah pencernaan seperti maag, bisa menjadikan kopi dingin sebagai pilihan aman untuk dikonsumsi karena pH nya yang lebih tinggi. Makanan atau minuman rendah asam juga bermanfaat mendukung kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung dan memori, sampai mengurangi keparahan pada hipertensi dan stroke.

Baca Juga : Video: Meteor Berkekuatan 10 Kali Bom Hiroshima Meledak di Langit

Es kopi dan kopi panas sama-sama dapat menyebabkan gigi kuning karena kandungan tanin yang mengubah warna gigi kita. Namun, efek gigi kuning akan lebih ringan jika Anda mengonsumsi es kopi karena kandungan taninnya lebih sedikit ketimbang kopi panas.

Meskipun manfaatnya lebih terasa pada es kopi, tapi semua kembali kepada selera Anda. Jika ingin mendapatkan manfaat lebih, pilih kopi hitam tanpa gula. Apabila memang harus menggunakan gula, pastikan jumlahnya sedikit sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda.