Jangan Langsung Dibuang, Berikut Manfaat Kantung Teh untuk Kesehatan Mata

By Nathania Kinanti, Jumat, 29 Maret 2019 | 09:55 WIB
Kantong teh bekas dapat digunakan untuk perawatan mata (Aleksandra Nigmatulina/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Saat membuat teh celup, biasanya kantungnya akan langsung dibuang. Padahal, ia masih bisa digunakan untuk perawatan mata. Berikut beberapa manfaatnya:

Mengurangi peradangan atau pembengkakan

Pada teh hijau dan teh hitam terdapat kandungan flavonoid, salah satu antioksidan dan tanin yang bermanfaat untuk mata bengkak.

Di samping itu, flavonoid juga dapat membantu menjaga kulit di sekitar mata agar tetap kencang. Untuk membantu mata yang meradang, Anda juga bisa menggunakan teh chamomile

Baca Juga : Keraton Yogyakarta Terlibat dalam Siasat Menjebak Dipanagara?

Menyembuhkan mata merah

Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas adalah jenis teh yang berpotensi untuk membantu meredakan gejala mata merah. Selain membantu mengurangi iritasi, teh ini juga dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata.

Teh hijau dengan khasiat antimikrobanya juga bermanfaat untuk menangkap bakteri yang menyebabkan iritasi atau mata merah.

Menyamarkan lingkar hitam pada mata

Lingkar hitam di sekitar mata akibat kurang tidur sering kali mengganggu penampilan. Tenang saja, kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan teh hitam atau teh hijau. Kandungan kafein di dalamnya mampu melancarkan kembali pembuluh darah di sekitar mata sekaligus menyamarkan lingkaran hitam.

Meredakan mata bintitan

Bintitan atau yang dikenal dengan istilah medis Hordeolum, adalah sebuah benjolan kecil yang berbentuk seperti jerawat dan terletak di dekat bulu mata. Bintitan disebabkan oleh minyak dan kotoran yang menyumbat lubang tempat akar bulu mata.