Gereja Notre Dame Kebakaran, Ini Detik-detik Saat Puncak Menaranya Jatuh

By National Geographic Indonesia, Selasa, 16 April 2019 | 10:17 WIB
Gereja Notre Dame di Paris terbakar. (via kcci.com)

Nationalgeographic.co.id - Gereja Notre Dame yang berada di Paris, Prancis, mengalami kebakaran pada Senin (15/4/2019). Ratusan petugas  pun langsung dikerahkan untuk memadamkan api di salah satu bangunan bersejarah ini. 

Video yang dirilis The Guardian memperlihatkan detik-detik ketika puncak menara gereja Katolik itu jatuh. Puncak yang runcing itu jatuh perlahan-lahan ketika asap hitam pekat membubung ke angkasa di tengah suara sirine pemadam kebakaran yang menderu.

Baca Juga : Saat Anak Menjadi Pelaku Bullying, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Kerumunan orang, baik itu warga Paris maupun turis, melihat dari sisi jembatan. Video juga memperlihatkan Presiden Perancis Emmanuel Macron mengunjungi lokasi.

"Apinya menyebar dengan cepat di atap," ungkap Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Gregoire kepada media lokal BFM sebagaimana diwartakan kantor berita AFP. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Mengutip media lokal, seorang anggota pemadam kebakaran mengalami luka serius saat menjinakkan api. Kepala tim pemadam kebakaran Jean-Claude Gallet kepada wartawan mengatakan dua menara utama lain gereja itu bisa diselamatkan. "Kami melihat struktur utama bangunan masih utuh," tegas dia. 

Baca Juga : Bukan Kedai Biasa, K-Noman Dilengkapi Media Edukasi Pengeboran Minyak dan Gas

Kesedihan begitu terpancar dari Jeanne Duffy, warga New York yang datang ke Paris bersama dua putrinya untuk sepupunya. Mereka awalnya berniat untuk melihat menara gereja. Namun, mereka berubah pikiran dengan mengunjungi Disneyland Paris.

"Ini adalah harta dunia. Semua orang tahu Notre Dame. Kami sangat sedih," tutur dia.

Sang Presiden juga sangat emosional ketika berpidato hingga harus menyeka air matanya. Macron berjanji pemerintahannya bakal segera membangun kembali gereja berusia 850 tahun tersebut.