Aneh Namun Unik, Fobia ini Membuat Orang Jadi Takut Untuk Mandi

By Nathania Kinanti, Sabtu, 20 April 2019 | 09:20 WIB
Ablutofobia, jenis fobia yang membuat orang takut mandi. (NDStock/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Takut terhadap gelap atau ruangan sempit mungkin adalah jenis fobia yang sudah cukup diketahui banyak orang. Akan tetapi bagaimana jika terdapat fobia yang menyebabkan kita menjadi takut untuk mandi?

Baca Juga : Ajaib, Darah Cair Ditemukan Pada Mumi Bayi Kuda Berusia 42.000 Tahun

Jenis fobia ini disebut dengan ablutofobia, yang menyebabkan seseorang takut untuk mandi, mencuci, atau membersihkan dirinya. Sebenarnya pengidap ablutofobia sadar bahwa ketakutan mereka tidak masuk akal, meskipun begitu mereka masih mengalami kesulitan mengatasinya.

Mereka tetap berusaha sebisa mungkin untuk menghindari air, sabun, bahkan kamar mandi. Jenis fobia ini tidak mengenal umur, baik dari orang tua hingga anak muda bisa terkena fobia ini dan umumnya lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria.

Gejalanya hampir mirip dengan fobia lainnya. Orang dengan ablutofobia akan mengalami ketakutan atau kecemasan, panik, dan berkeringat. Selain itu detak jantung bisa menjadi tidak teratur dan pengidap fobia dapat mengalami kesulitan bernapas.

Baca Juga : Ketandan Dalam Ingatan Warganya, Dari Rumah Kongsi Sampai Toko Emas

Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan ablutofobia, pertama adalah pengalaman negatif (trauma), kedua adalah genetika turunan dari orang tua atau keluarga. Yang terakhir adalah perubahan fungsi pada otak seperti yang dapat disebabkan oleh cedera atau bertambahnya usia.

Namun, bukan berarti fobia ini tidak dapat diobati. AdaAda beber cara untuk mengatasinya mulai dari mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa cemas hingga melakukan psikoterapi.