Interior Unik, Toilet di Dalam Kafe Ini Berdinding Akuarium Penuh Ikan

By Nathania Kinanti, Selasa, 23 April 2019 | 09:30 WIB
Toilet kafe di Jepang yang berdinding aquarium. (Yuri.kiwi instagram/ via Daily Mail)

Nationalgeographic.co.id - Ketika kita bepergian ke beberapa tempat, toilet menjadi salah satu yang paling sering digunakan atau dicari--baik di pusat perbelanjaan atau restauran.

Namun kini, kebersihan dan kenyamanan toilet tidak hanya menjadi salah satu faktor penilaian bagusnya sebuah toilet, dekorasi atau desain interior pun jadi pertimbangan. 

Bahkan, desain interior yang unik dapat mengundang banyak pengunjung jika spot tersebut bagus untuk berfoto atau dianggap instagramable.

Kecenderungan berfoto dalam toilet ini kerap disebut dengan Sketch effect yang berasal dari nama sebuah restoran di London yang terkenal sebagai toilet paling instagramable di London.

Baca Juga : Manusia Purba Kerap Memburu Monyet dan Menjadikan Tulangnya Sebagai Senjata

Di Jepang, terdapat sebuah kafe bernama Hipopo Papa yang toiletnya memiliki dinding terbuat dari akuarium. Toilet berdinding akuarium ini didesain untuk perempuan, tetapi jika sedang tidak penuh, staf kafe akan memandu pengunjung laki-laki untuk melihat akuarium.

Pemilik kafe dengan sengaja membuat toilet berdinding akuarium karena tahu bahwa ini dapat menjadi sebuah investasi yang mampu mengembalikan dividen. Ia pun rela menghabiskan bertahun-tahun dengan membangun toilet tersebut dengan tujuan agar pengunjung memiliki sensasi mengambang di lautan.

Baca Juga : Paroldo, Desa Kecil yang Pernah Menjadi Tempat Tinggal Para Penyihir Baik

Sang pemilik juga tak ragu untuk mengeluarkan biaya yang sangat besar, yakni sejumlah 270.000 USD atau hampir mencapai empat miliar untuk akuarium yang menutupi tiga sisi dinding toilet. 

Meskipun terdengar keren, namun tingginya akuarium membuat beberapa pengunjung cukup merasa takut saat mereka duduk. Hal ini karena pengunjung cenderung melakukan kontak mata dengan ikan atau bahkan kura-kura.