Empat Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Lemas Saat Puasa

By Nathania Kinanti, Selasa, 7 Mei 2019 | 10:17 WIB
Rasa lemas saat puasa dapat dicegah dengan beberapa cara berikut. (Deagreez/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Merasa lemas saat sedang puasa adalah hal yang wajar, tetapi di samping itu, puasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Puasa diyakini dapat mendetoksifikasi tubuh karena perut dan lambung yang sepenuhnya bekerja terus menerus dapat berisitirahat. 

Untuk mencegah rasa lemas tersebut, Anda bisa melakukan empat hal berikut ini:

Baca Juga : Lakukan Facial Vampir, Dua Orang Terinfeksi Virus HIV

1. Cukup minum

Dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab rasa lemas pada tubuh. Pastikan kebutuhan minum Anda terpenuhi dengan mencoba 2-4-2. Yang dimaksud dengan 2-4-2 yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas selama semalam, dan 2 gelas saat sahur.

Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman bersoda selama puasa. Mengonsumsi kafein 3-6 jam sebelum tidur dapat membuat Anda menjadi sulit tidur dan cenderung terjaga di tengah malam. Akibatnya, energi berkurang saat siang hari.

2. Memperhatikan asupan makanan

Tidak mengonsumsi makanan selama beberapa jam bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsi makanan dengan jumlah banyak saat berbuka puasa. Terlebih apabila makanan tersebut berbahan dasar tepung dan tinggi akan gula, akibatnya dapat membuat Anda merasa cepat lelah.

Konsumsilah makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan secara teratur. Buah potong, salad dan telur rebus, serta cokelat hitam batangan tanpa susu juga bisa dijadikan pilihan sebagai camilan sehat.

3. Olahraga

Tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, berolahraga juga dapat membuat tubuh Anda jadi lebih bertenaga saat beraktivitas untuk waktu yang lama. Untuk menjaga kebugaran tubuh, Anda dapat berolahraga sebanyak dua setengah jam dalam waktu seminggu.

Namun jika terasa berat dan tidak terbiasa berolahraga, Anda dapat memulai dengan latihan kecil yakni dengan berjalan kaki selama 10 menit sehari. Jangan lupa untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda dan Anda sukai agar tidak mudah bosan saat menjalaninya.