Tidak Hanya Untuk Wanita, Pedikur Juga Ternyata Bermanfaat Bagi Pria

By Nathania Kinanti, Rabu, 8 Mei 2019 | 09:39 WIB
Pedikur pada pria. (AndreyPopov/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Manikur atau pedikur adalah jenis perawatan yang sering dikenal sebagai perawatan yang umumnya dijalankan oleh kaum hawa. Akan tetapi, sebenarnya melakukan perawatan pedikur juga bisa bermanfaat bagi para pria, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Meningkatkan kesehatan kaki

Kaki yang kotor dapat menjadi tempat nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Dengan melakukan pedikur, maka segala kotoran yang berada di kaki kita bisa disingkirkan terutama kotoran yang berada di dalam kuku.

Baca Juga : Foto-foto Hewan yang Mampu Bertahan Hidup di Tempat Terdingin Bumi

2. Melepas stres

Pedikur bisa melepaskan stres terutama jika Anda memiliki profesi atau kegiatan yang sering memanfaatkan kaki. Pijatan lembut yang didapatkan saat pedikur dapat melancarkan aliran darah sehingga bisa memasok okigen ke seluruh tubuh.

3. Menghilangkan bau kaki

Salah satu penyebab terjadinya bau kaki adalah infeksi jamur atau bakteri terutama saat musim hujan ketika kaki membutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra. Kulit mati dan bakteri pada kaki tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencuci kaki secara biasa, melainkan dengan pengelupasan kulit saat pedikur.

4. Mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam

Ahli pedikur yang baik dapat memastikan bahwa kuku Anda terurus dan terpotong dengan baik. Jika memotong kuku terlalu pendek atau meninggalkan potongan kecil di bagian pinggir, maka kuku bisa tumbuh ke dalam.

5. Mempertahankan kelembapan kulit

Saat melakukan pedikur, akan ada saat di mana kaki Anda akan direndam dalam air hangat dan dipijat dengan minyak atau losion. Tujuannya adalah untuk membantu menjaga kelembapan pada kulit kaki. Perlu diketahui bahwa kulit kaki yang kering cenderung menyebabkan lecet, retak, dan masalah lainnya.