Menyedihkan, Video Ini Tunjukkan Badak yang Sekarat Setelah Culanya Dipotong

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 16 Mei 2019 | 16:39 WIB
(Twitter/KP24)

Nationalgeographic.co.id - Rekaman mengerikan ini menunjukkan bagaimana badak dibiarkan mati setelah cula-nya dipotong.

Terlihat darah mengalir deras dari luka di kepala badak. Mereka tampak pasrah terbaring di atas rumput. 

Baca Juga: Dua Beruang Hitam Terekam Sedang Bertengkar di Pekarangan Rumah Warga

Video tersebut dibagikan oleh Kevin Pieterson, mantan pemain kriket. Ia mengatakan: "Tindakan ini sangat menjijikan dan keji. Realitas pahit tentang apa yang dialami oleh badak, SETIAP HARI!".

Pieterson saat ini sedang membuat podcast berjudul Beast of Man. Bercerita tentang keadaan buruk yang dialami badak-badak di Afrika Selatan. Ia juga mendokumentasikan kisah para tokoh yang berusaha menyelamatkan badak dari perburuan liar.

Ketika ditanya dan kapan rekaman itu diambil, Pieterson mengatakan dirinya tidak diperbolehkan memberikan info dan detailnya.

Ciaran Tracey, yang juga ikut terlibat dalam podcast, juga mengunggah video menyedihkan ini dalam akun Twitternya. Ia mengatakan: "Maaf sekali saya harus me-retweetnya, ini sangat sulit diungkapkan dengan kata-kata."

"Saya rasa semua orang harus melihatnya. Inilah alasan kami membuat podcast Beast of Man. Banyak orang menanyakan judulnya dan kini saya percaya video ini bisa menjelaskannya dengan cukup," tambahnya. 

Baca Juga: Mengidap Kudis dan Kehilangan Bulu, Puluhan Singa Ditemukan dalam Kondisi Menyedihkan

Menurut data Save The Rhino, ada lebih dari 8.300 badak Afrika yang musnah akibat perburuan dalam satu dekade. 

They said 2019 has ‘continued to bring news of rhino poaching incidents in South Africa: if the 2018 trend were to continue for 2019, then 88 rhinos could have already been poached this year.’