Siapa yang Membangun Monumen Perang Dunia Pertama di Cikopo?

By Mahandis Yoanata Thamrin, Jumat, 17 Mei 2019 | 05:00 WIB
Tugu Peringatan untuk mengenang armada angkatan laut Jerman di bawah pimpinan Laksamana Muda Maximilian Graf von Spee pada Perang Dunia Pertama. Inggris mengalahkan Jerman pada Pertempuran Falkland 8 Desember 1914. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

 

Nationalgeographic.co.id— Pertempuran Falkland 8 Desember 1914 telah menorehkan sejarah sebagai pertempuran laut bebuyutan pada Perang Dunia Pertama. Lokasinya di Kepulauan Falkland, Amerika Selatan, atau kini bernama Malvinas.

Armada Inggris di bawah komando Laksamana Doveton Sturdee bergerak menyerang dengan sengit armada laut Jerman pimpinan Laksamana Muda Maximilian Reichsgraf von Spee, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Graff Spee. Dia merupakan komandan Skuadron Jerman di Asia Timur yang berbasis di Tsingtao, sebuah koloni Jerman di Cina.

Karena ancaman sekutu, Graff Spee dan skuadron lautnya berlayar menuju Amerika Selatan untuk bertempur dengan Inggris. Dalam Pertempuran Falkland, empat kapal perang Jerman tenggelam bersama dengan sekitar hampir dua ribu pelautnya. Malangnya, Graff Spee dan dua putranya turut binasa.

Dua belas tahun setelah pertempuran, di sebuah tempat sunyi di lereng Pangrango, berdiri menjulang tugu putih bergaya bangunan Hindu yang dikelilingi oleh pohon beringin. Berlokasi di sebuah daerah dengan toponimi lama Arca Domas—kampung 800 arca! Konon, kawasan perbukitan ini dahulu merupakan situs keramat pada masa Kerajaan Pajajaran.

Tugu peringatan untuk mengenang Skuadron Jerman di Asia Timur yang binasa pada Pertempuran Falkland 1914. Desain arsitekturnya terinspirasi candi di Nusantara. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Arca Ganesha di samping tugu peringatan Skuadron Jerman-Asia Timur di Cikopo. Emil Helfferich memesan arca Ganesha dan Buddha ke seorang perajin batu di pinggiran jalan raya Yogyakarta-Solo, sekitar Prambanan pada awal abad ke-20 . (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)
 

Dua bersaudara itu mendirikan tugu di perbukitan Arca Domas lantaran daerah tersebut dahulu merupakan tempat suci bagi agama Hindu. Makna suci bagi orang Jawa tampaknya diadopsi oleh Emil untuk penghormatan bagi para pahlawan Jerman yang gugur di Falkland.

Di samping kanan tugu tersebut terdapat arca Ganesha lambang ilmu pengetahuan, sedangkan di sisi kirinya terdapat arca Siddharta Gautama yang duduk di atas teratai lambang ketenangan. Sebuah perpaduan simbol Hindu dan Buddha. Emil memesannya di sebuah perajin batu di pinggiran ruas jalan raya Yogyakarta dan Solo, sekitar Prambanan.