Makan Sebelum Atau Sesudah Berolahraga? Penelitian Ini Berikan Jawabannya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 21 Mei 2019 | 14:14 WIB
Olahraga (foto : kompas.com)

Nationalgeographic.co.id – Ada satu pertanyaan menarik yang kerap mengganggu pikiran kita, apakah makan itu sebelum atau setelah kita berolahraga?

Penelisikan yang telah dilakukan oleh sejumlah peneliti di Universitas Bath, Birmingham, Newcastle, dan Stirling tampaknya dapat menjawab atas dilema itu. Para peneliti telah menganalisis pengeluaran energi 12 pria sehat aktif fisikyang berusia antara 20 dan 26 tahun.

Masing-masing dari mereka menyelesaikan tiga uji coba yang berbeda, yaitu: makan sarapan oat dan susu lalu beristirahat (alias tidak berolahraga), makan sarapan yang sama dua jam sebelum bersepeda 60 menit, dan tidak sarapan sama sekali sebelum melakukan 60 menit olahraga yang sama.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik: Olahraga Sebelum Atau Setelah Berbuka Puasa?

Makan, sebelum atau setelah berolahraga? (kolase)

Penelitian ini mengungkapkan bahwa ketika para pria melewatkan sarapan, mereka memiliki defisit kalori yang lebih besar sepanjang hari rata-rata sekitar 150 kalori, menyiratkan bahwa olahraga dengan puasa adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan.

"Hasil ini menunjukkan bahwa untuk pria muda yang sehat, defisit energi jangka pendek mungkin lebih mudah dicapai jika sarapan dihilangkan sebelum berolahraga," penulis penelitian menyimpulkan, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Baca Juga: Sering Olahraga di Gym? Hati-hati Terkena Lima Penyakit Kulit Ini

Begini cara kerjanya: Ketika Anda berolahraga dengan perut kosong, tubuh Anda tidak memiliki energi yang mudah didapat dari makanan sehingga ia diambil dari sumber lain, seperti lemak tubuh yang tersimpan, yang membuat olahraga Anda lebih efektif dalam membakar lemak — dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Selain itu, berolahraga dalam keadaan puasa menjaga kadar insulin Anda rendah, memungkinkan tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan yang juga membakar lemak.

Makan setelah berolahraga intens. (healthline)

“Ketika insulin meningkat — seperti halnya setelah Anda makan — tubuh Anda akan berada dalam keadaan ingin menyimpan lemak, bukan membakarnya,” Phoenyx Austin, MD, seorang Spesialis Kedokteran Olahraga bersertifikat.