Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Libur Lebaran, Bagaimana Caranya?

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 3 Juni 2019 | 11:00 WIB
Hal-hal sepele justru bisa meningkatkan berat badan. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Menurut sebuah penelitian dari National Institutes of Health, kenaikan berat badan saat liburan merupakan salah satu penyebab bertambahnya jumlah kasus obesitas pada orang dewasa.

Namun, kita tidak perlu takut terjebak dalam situasi tersebut pada liburan kali ini. Kita tetap bisa menikmati liburan dan makan enak tanpa naik satu kilogram. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Jangan datang dalam keadaan lapar

Liburan–terutama libur Lebaran – identik dengan berkumpul bersama keluarga besar. Kita mengunjungi rumah sanak saudara untuk bersilaturahmi. Nah, sebelum berkunjung, pastikan kita dalam keadaan yang tidak terlalu lapar. Makan camilan sehat saat di jalan atau minum air putih terlebih dahulu.

Dengan begitu, kita tidak “kalap” ketika menyantap hidangan utama yang disediakan keluarga dan berat badan pun tetap terjaga.

Baca Juga: Sadarkah Kita, Tanaman yang Menjadi Rahasia Awet Muda Samurai Jepang Ini Juga Tumbuh Subur di Trawas

Alihkan perhatian

Banyak orang lupa bahwa ada hal-hal lain dari Idul Fitri selain menyantap makanan khasnya di hari tersebut. Untuk menghindari makan terlalu banyak di hari raya, sebaiknya alihkan perhatian dengan bercengkrama bersama keluarga. Anda bisa menyapa sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu dan fokus kepada percakapan dibanding makanan yang tersedia.

Gunakan piring kecil

Saat Lebaran, berbagai menu lezat tersedia. Bahkan, lebih banyak dari biasanya. Di sinilah, kita harus pintar-pintar menahan keinginan untuk melahap semuanya.

Menurut para ahli diet, menggunakan piring yang lebih kecil, membatasi kita makan berlebihan. Selain itu, saat mengambil makanan, sebaiknya pilih yang paling sehat terlebih dahulu, lalu ke makanan yang kurang sehat.

Batasi makanan manis