Hari Penyu Dunia: Penyu Paling Kecil Seantero Jagat Ini Terancam Punah, Apakah Kita Penyebabnya?

By Nesa Alicia, Jumat, 24 Mei 2019 | 16:47 WIB
Penyu lekang kempii (Jeff Schmid, Conservancy of Southwest Florida)

Nationalgeographic.co.id - Hari Penyu Dunia yang diperingati pada tanggal 23 Mei sejak tahun 2000 melahirkan beragam kisah pilu tentang reptilia purba lautan ini.Populasinya terus menurun seiring kian memburuknya kualitas habitat aslinya.

Mari kita mengingat kembali kisah penyu lekang kempii, penyu terkecil di dunia ini dapat dikenali dari cangkangnya yang berwarna pucat. Spesies ini paling banyak ditemui di habitat teluk dan muara Florida barat, Amerika Serikat. 

Meski begitu, penyu lekang kempii juga banyak ditemukan di sepanjang teluk Meksiko. Pada tahun 1947, sekitar 40.000 penyu datang untuk bersarang di pantai dekat Rancho Nuevo, Meksiko.

Baca Juga: Hari Penyu Dunia: Hasil Studi Mengejutkan, Setiap Jenis Penyu Mengandung Plastik dalam Perutnya

Namun, pada pertengahan tahun 1960-an, jumlah sarang penyu lekang kempii menurun menjadi 5.000. Kemudian pada tahun 1985 hanya ditemui 702 sarang. 

Upaya konservasi kemudian dilakukan untuk melindungi sarang penyu tersebut. Salah satunya dengan tindakan pengurangan penangkapan.

Bangkai penyu lekang yang telah dipindahkan ke pantai di Meksiko (twitter.com/PROFEPA)

Pesisir pantai Texas ke Massachusetts, Amerika Serikat merupakan tempat penting bagi penyu lekang kempii muda. Alasannya sederhana dan mendasar, di sana tersedia banyak makanan bagi mereka.

Meski begitu, tidak banyak informasi mengenai cara penyu berinteraksi dengan lingkungan mereka. Mungkin saja perilaku ini dapat memecahkan pertanyaan penyebab berkurangnya populasi penyu kempii.

Untuk mengungkapnya, para peneliti kemudian melakukan pelacakan dari luar angkasa dengan menggunakan telemetri satelit, alat untuk mempelajari pola distribusi penyu dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Selamatkan Penyu yang Terdampar Saat Tsunami Selat Sunda, Tim SAR: Semua Nyawa Berharga

Ini menjadi aspek mendasar untuk konservasi dan memberikan dasar bagi aspek penelitian lainnya. Pemancar akan dipasangkan pada cangkang penyu, sementara itu satelit yang mengorbit akan menerima signal dari penyu yang sudah dipasangkan pemancar.