Ibu Ani Yudhoyono dalam Kenangan, Luncurkan Buku dan Gelar Pameran Karya Foto pada 2011

By , Sabtu, 1 Juni 2019 | 13:27 WIB
Ny Ani Yudhoyono menjelaskan makna foto kepada hadirin saat berlangsungnya pameran foto yang masih berkaitan dengan acara peluncuran buku “Selaras Warna Harmony – Sebuah Perjalanan Fotografi Ani Yudhoyono di Galeri Nasional, Jakarta, Jumat (28/10/2011) malam. (Kompas/Alif Ichwan)

Nationalgeographic.co.id - Ibu Ani Yudhoyono telah berpulang pada Sabtu (1/6/2019) di Singapura. Pada saat masih menjabat sebagai Ibu Negara, beberapa waktu lalu, Ibu Ani Yudhoyono terus menjalankan hobi fotografi

Bahkan, Ibu Negara Ani Yudhoyono telah meluncurkan buku fotografi yang berisikan foto-foto hasil jepretannya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2011.

Ketika itu, Foto-foto di dalam buku tersebut diambil dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, selama Ibu Ani mendampingi suaminya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ke hampir semua provinsi di Indonesia dan berbagai negara di lima benua yang menurutnya telah membuka matanya untuk melihat realitas kehidupan yang dihadapi saat ini. Tak ketinggalan, foto keluarga juga menjadi "warna" yang wajib ada di buku ini.

Baca Juga: Selamat Jalan Ibu Ani Yudhoyono, Rupanya Perempuan Inspiratif Ini Pernah Diusulkan Sebagai Ibu Fotografi Indonesia

Hobi fotografi mendiang Ibu Ani Yudhoyono. (dok. Grid.id)

Tentang kiprah fotografi Ibu Ani, wartawan Kompas, J Osdar, telah menuliskan catatannya yang terbit di Harian Kompas edisi 30 Oktober 2012 di halaman 2.

MUNGKIN, dalam sejarah tentang para ibu negara di Indonesia, bahkan dunia, baru kali ini hadir seorang ibu negara yang secara aktif menekuni dunia fotografi. Hasilnya, sebuah buku dengan sampul depan warna kuning bertuliskan The Colors of Harmony–A Photography Journey By Ani Yudhoyono- Special Edition pun diluncurkan di Galeri Nasional, Jalan Merdeka Timur 14, Jakarta, bertepatan dengan peringatan ke-83 Sumpah Pemuda tahun 2011.

Di sampul buku setebal 263 halaman itu diberi foto bunga sedap malam berwarna putih dan unggu yang dihinggapi kupu-kupu berwarna hitam, sedikit merah dan putih. Dalam buku ini, ada 312 foto karya Ny Ani Yudhoyono. Di antara foto-foto itu terdapat 92 buah foto bunga berwarna-warni yang didominasi warna merah merona.

Di halaman awal, dipasang foto besar bunga batavia (peregrina) berwarna dominan merah menyala. Di atas bunga yang tengah diisap sari madunya oleh lebah itu dituliskan, ”Setiap makhluk, besar maupun kecil, seperti serangga yang sedang melakukan tugas alaminya, memiliki fungsi vital masing-masing dalam menjaga keseimbangan dan keselarasan alam”.

Baca Juga: Selamat Jalan Ibu Ani Yudhoyono. Kenali Salah Satu Gejala Leukemia Ini yang Kerap Kita Abaikan

Salah satu hasil foto bunga yang diabadikan Ani Yudhoyono (instagram.com/aniyudhoyono)

Di halaman selanjutnya, digelar foto kepulan awan putih, hitam, dan abu-abu berlatar langit biru. Di antara awan itu, Ny Ani menuliskan, ”Sebuah pemandangan dengan keindahan surgawi yang tidak terbayangkan ketika kaki masih menjejak bumi.”