Perhatikan Tiga Cara Masak Sehat Ini Agar Tidak Sakit Saat Lebaran

By Nathania Kinanti, Selasa, 4 Juni 2019 | 10:00 WIB
Opor ayam, salah satu hidangan wajib saat lebaran. (AmalliaEka/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya, Lebaran menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Berbagai persiapan dilakukan salah satunya dengan menyajikan berbagai hidangan khas Lebaran mulai dari ketupat, opor, hingga kue kering. 

Walaupun menggoda lidah, tetapi perlu diingat bahwa kandungan dalam makanan seperti karbohidrat atau lemak dapat menyebabkan penyakit terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Baca Juga: Joging Dapat Memperpanjang Umur Anda, Lakukan Tips Berikut Untuk Memulainya

Oleh sebab itu, agar hidangan Lebaran yang disajikan lebih sehat, Anda dapat menyiasati cara masaknya dengan beberapa cara berikut:

1. Gunakan bagian daging yang lebih rendah lemak

Opor dan semur seringkali menjadi primadona saat lebaran, dengan bahan dasar pembuatannya adalah ayam atau sapi. Untuk menjaga asupan lemak, Anda sebaiknya memilih jenis daging yang rendah lemak.

Daging sapi disebut sebagai rendah lemak jika dalam 100 gram daging memiliki lemak total kurang dari 10 gram, lemak jenuh kurang dari 4,5 gram, dan kolestrol kurang dari 95 miligram. 

Untuk daging sapi yang tergolong sangat rendah lemak, total lemaknya sebesar 5 gram, lemak jenuh sebesar 2 gram, dan kolestrom 95 miligram.

Jenis daging sapi rendah lemak biasanya has luar (sirloin) dan bagian paha belakang. Hindari bagian perut dan tulang iga sapi yang tinggi akan lemak. 

Sementara itu, pada daging ayam, bagian yang tinggi lemak adalah bagian kulit dan daging yang berwarna gelap atau pada bagian paha dan sayap.

Dalam setiap 100 gram kulit ayam terdapat 41 gram lemak. Paha ayam mengandung 5,7 gram lemak apabila dimakan tanpa kulit, dan naik menjadi 11,2 gram apabila dimakan dengan kulit. 

Untuk bagian sayap, satu buahnya mengandung 8,1 gram lemak jika disajikan tanpa kulit, dan meningkat menjadi 19,5 gram jika disajikan dengan kulit.