Ini Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Makan Pedas Sebelum Tidur

By Nathania Kinanti, Senin, 10 Juni 2019 | 09:17 WIB
Mimpi buruk, dampak dari mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur. (Phoenixns/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Rasa lapar dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat malam hari. Jika di malam hari Anda ingin makan, sebaiknya hindari mengonsumsi yang pedas-pedas. 

Alih-alih dapat beristirahat dengan nyaman, orang yang makan pedas sebelum tidur justru akan mengalami susah tidur atau mimpi buruk.

Baca Juga: Gunung Sinabung Meletus, Tinggi Kolom Abu Mencapai Tujuh Kilometer 

Diketahui bahwa ada empat tahapan tidur sebelum menuju mimpi. Pertama adalah "tidur ayam", ketika Anda setengah sadar dan masih bisa mendengar sedikit-sedikit suara di sekitar Anda.

Tahap kedua adalah tahap tidur yang lebih dalam tetapi juga belum pulas. Di tahap ini, aktivitas otak Anda akan berkurang dan detak jantung jadi melambat.

Tahap ketiga adalah ketika Anda tertidur pulas, kesadaran akan hilang dan tubuh mulai melakukan berbagai perbaikan sel yang rusak. 

Yang terakhir, adalah tahap REM (rapid eye movement). Di sini, Anda mulai bermimpi dan biasanya terjadi sekitar 90 menit sejak tahap "tidur ayam". Otak yang tadinya melambat kembali aktif, meski otot-otot Anda sedang melemas dan beristirahat. Di tahap REM ini otak juga akan bereaksi terhadap makanan yang kita konsumsi sebelum tidur, makanan tersebut akan dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Charles Bae, seorang pakar gangguan tidur di Amerika Serikat mengatakan, makan pedas sebelum tidur dapat mengganggu proses metabolisme. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan suhu tubuh. 

Baca Juga: Lima Minuman Ini Ampuh untuk Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Akibat proses metabolisme dan meningkatnya suhu, aktivitas otak menjadi bertambah walaupun tubuh Anda sedang beristirahat. Sistem pencernaan mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan bahwa tubuh harus berkerja keras agar menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung.

Ketika diterima otak, sinyal tersebut pun diartikan sebagai ancaman atau gangguan sehingga Anda mengalami mimpi buruk.

Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya maksimal tiga jam sebelum tidur. Dengan cara tersebut, Anda memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk menetralkan rasa pedas dan mengembalikan suhu tubuh.