Perkenalkan Istana Pasir Tertinggi, Anggota Baru Dalam Rekor Dunia

By Nathania Kinanti, Selasa, 11 Juni 2019 | 08:00 WIB
Istana pasir tertinggi di dunia. (Jens Buttner/picture alliance/getty images/ via CNN Travel)

Nationalgeographic.co.id - Di Binz, Jerman, kini terdapat sebuah bangunan baru. Namun, yang membuat gedung ini berbeda dari yang lain adalah karena ia terbuat sepenuhnya dari pasir. 

Bangunan pasir tersebut dibuat sebagai bagian dari festival patung pasir di pulau Ruegen. Kompetisi istana pasir ini telah menjadi agenda tahunan dalam kalender Binz sejak 2010.

Sejak saat itulah, turis-turis selalu berdatangan untuk melihat kreasi pasir yang tersebar di sekitar pantai Binz. Walaupun diadakan di pantai Jerman, tetapi pasir yang digunakan untuk kompetisi tahunan diimpor dari Belanda karena lebih mudah untuk dipahat. 

Baca Juga: Kenaikan Air Laut, Kota-kota di AS Ini Akan Tenggelam Pada 2100

Dibuat sejak Mei lalu, istana pasir tersebut memiliki tinggi 17,66 meter. Ia terdaftar dalam rekor dunia sebagai istana pasir tertinggi yang pernah ada. Mengalahkan rekor sebelumnya yakni istana pasir setinggi 16,68 meter yang dibangun di Duisburg, Jerman, pada 2017. 

Thomas van Dungen selaku orang yang berperan dibalik istana pasir ini dianugerahi sertifikat Guinness World Record sebagai penghargaan atas pencapaiannya.

Baca Juga: Merasa Benci dengan Suara Tertentu? Ini Penjelasan Di Baliknya

Apabila ingin melihat patung pasir tersebut, Anda memiliki waktu hingga bulan November mendatang.

Untuk orang dewasa dikenakan biaya tiket seharga 8,50 euro atau sekitar Rp136 ribu dan untuk anak-anak 5,50 euro atau atau sekitar Rp88 ribu.