Duh, Kesalahan Konyol: Dikira Pintu Toilet, Penumpang Ini Buka Pintu Darurat Pesawat

By Nathania Kinanti, Rabu, 19 Juni 2019 | 12:16 WIB
Pesawat. (Chalabala/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah penerbangan yang akan berangkat dari Manchester, Inggris dengan terpaksa harus ditunda karena ulah seorang penumpang. Penumpang tersebut membuka pintu darurat menjelang lepas landas pesawat

Penerbangan pesawat Pakistan International Airlines tersebut akhirnya harus menunda penerbangannya selama tujuh jam. Mengikuti prosedur keselamatan, semua penumpang beserta dengan barang bawaan mereka kemudian diturunkan dari pesawat. 

Baca Juga: Apakah Betul Harga Tiket Pesawat Rute Bandung - Medan Rp 21 Juta? Telusuri Faktanya Yuk

ilustrasi toilet pesawat terbang (VVF)

Seharusnya pesawat tersebut lepas landas pada tanggal 7 Juni pukul 21.20, tetapi karena peristiwa ini pesawat baru bisa lepas landas keesokan paginya sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Ketika tanya oleh polisi, penumpang tersebut mengatakan bahwa ia berpikir pintu itu adalah pintu ke kamar mandi. 

Dalam penerbangan esokan paginya, pihak maskapai terpaksa mengurangi jumlah penumpangnya untuk mengurangi kapasitas evakuasi karena hilangnya satu seluncur evakuasi. Ketika pintu darurat dibuka, seluncur darurat akan aktif secara otomatis. 

Baca Juga: Tujuh Restoran yang Dibangun Dari Pesawat yang Sudah Tak Terpakai

Ilustrasi pesawat terbang. (Kenishirotie/Getty Images/iStockphoto)

Baca Juga: Lelaki Asal Lituania Ini Jadi Satu-satunya Penumpang Pesawat Boeing 737-800 Tujuan Italia

Tiap seluncur darurat yang telah diaktifkan bisa menghabiskan ribuan dollar, biaya untuk tiap seluncur darurat adalah 6.000 dollar Amerika Serikat atau setara 85 juta rupiah. Sementara untuk mengemas kembali seluncur darurat memerlukan biaya yang lebih mahal yakni 30.000 dollar Amerika Serikat atau setara dengan 426 juta rupiah.