Lima Cara Meningkatkan Kadar Serotonin Agar Terhindar dari Depresi

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 4 Juli 2019 | 14:40 WIB
Ilustrasi bahagia. (Deagreez/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Rendahnya kadar serotonin memengaruhi banyak hal dalam hidup, termasuk siklus tidur, memori, dorongan seks, dan mood. Serotonin sendiri merupakan senyawa yang biasa disebut ‘hormon bahagia’ karena memiliki fungsi penting bagi kesejahteraan mental kita.

Berikut ada lima cara alami untuk meningkatkan serotonin agar terhindar dari depresi, lebih fokus dan termotivasi dalam menjalani hidup.

Baca Juga: Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas, Bagaimana Dampaknya Pada Tubuh?

Makan lebih banyak tryptophan

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui apa itu tryptophan. Ia merupakan asam amino yang penting bagi produksi serotonin. Jadi, jika Anda meningkatkan asupan tryptophan, maka jumlah serotonin juga semakin banyak dan membuat Anda bahagia.

Beberapa makanan yang mengandung tryptophan meliputi daging, telur, dan olahan susu. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan tryptophan sehingga cocok dijadikan camilan.

Mendapat paparan sinar matahari

Setiap berada di luar ruangan, Anda meningkatkan jumlah serotonin di otak. Biasakan untuk berada di luar ruangan selama 20-30 menit setiap harinya. Jadikan waktu istirahat makan siang untuk mendapat paparan sinar matahari.

Temukan cara untuk lebih positif

Meningkatkan serotonin tidak hanya berasal dari faktor eksternal seperti pola makan dan lingkungan. Beberapa studi psikologi menunjukkan bahwa pikiran Anda juga berperan dalam memproduksi neurotransmitter tersebut. Temukan aktivitas yang membuat Anda merasa lebih positif dan lakukan itu sesering mungkin.

Meditasi

Meditasi diketahui dapat meningkatkan 5-HIAA, sebuah senyawa asam yang dibutuhkan otak ketika membuat serotonin. Ia juga bisa melawan hormon penyebab stres. Selain menjadi lebih bahagia, meditasi juga mengurangi inflamasi tidak penting dalam tubuh.