Ubur-Ubur Sebesar Tubuh Manusia Ditemukan di Lepas Pantai Inggris

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 17 Juli 2019 | 13:38 WIB
Lizzie Daly saat berenang bersama ubur-ubur raksasa di lepas pantai Inggris. (Twitter @LizzieRDaly)

Nationalgeographic.co.id - Lizzie Daly sedang menyelam di lepas pantai Cornwall, Inggris, ketika dia melihat sesuatu yang besar dari kejauhan. Apa yang dilihatnya merupakan ubur-ubur, tapi ukurannya sangat menakjubkan.

Daly, seorang ahli biologi dan penyiar, berenang ke arah ubur-ubur dan juru kamera Dan Abbott pun menangkap pertemuan tersebut.

"Kami tidak menduga hal ini. Benar-benar pengalaman yang menyenangkan," kata Daly. 

Baca Juga: Siapa Sangka, Cacing Kecil Ini Ternyata Makhluk Paling Berisik di Laut

Abbott dan Daly sedang menyelam sebagai bagian dari Wild Ocean Week, sebuah kampanye penggalangan dana untuk Lembaga Konservasi Laut Inggris. Kampanye tersebut dimaksudkan untuk mendokumentasikan berbagai spesies laut di sana. 

"Reaksi pertama saya tentu saja sangat terkejut karena tidak pernah melihat ubur-ubur sebesar itu," cerita Abbott. 

Setelahnya, ia fokus untuk tidak menghalangi jalan dan mencoba merekam video "hewan yang indah, agung, bergerak lambat, anggun" tersebut. 

Menurut Cheryl Ames, peneliti di Smithsonian National Museum of National History, ubur-ubur barel awalnya memiliki tubuh kecil--panjangnya hanya beberapa milimeter--sebelum mereka tumbuh menjadi makhluk besar yang terlihat seperti dalam video.

"Sangat menakjubkan melihat mereka bisa tumbuh sebesar itu," ujar Ames. 

Baca Juga: Video: Ketika Ikan Pari Meminta Tolong Penyelam untuk Selamatkan Hidupnya

Sel-sel menyengat dari ubur-ubur ini tidak terlalu berbahaya dibanding jenis lain yang memiliki  tentakel panjang. Meski begitu, Ames menyarankan, agar tetap berhati-hati dan tidak menyentuh mereka. 

Daly sendiri mengaku tidak takut saat berenang di sebelah ubur-ubur raksasa tersebut. Ia berharap videonya dapat menginspirasi orang lain agar lebih semangat menyelami keindahan laut.