Perbandingan Harga Tiket Bioskop di Indonesia, Mana yang Paling Murah?

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 29 Juli 2019 | 16:55 WIB
Ilustrasi bioskop. (via engangingmedia.info)

Nationalgeographic.co.id - Menonton film menjadi salah satu bentuk hiburan bagi warga Indonesia. Bioskop-bioskop pun mulai menjamur di berbagai kota. Meski begitu, harga tiket bioskop di setiap kota ternyata kerap berbeda. 

Cuponation, portal diskon Indonesia, melakukan sebuah studi untuk membandingkan harga tiket bioskop yang tersebar di Indonesia. Data harga tiket dikumpulkan melalui website resmi Cinema 21 pada 11 Juli 2019. 

Secara keseluruhan, dari total 191 bioskop yang tersebar di 46 kota di Indonesia, rata-rata harga tiket adalah Rp.35,314 untuk hari biasa, Rp41,518 untuk hari Jumat dan Rp.51,282 untuk akhir pekan dan tanggal merah. 

Baca Juga: Ini Batas Waktu Bermain Media Sosial Agar Tak Merusak Kesehatan Mental

Jika dikerucutkan lagi, kota dengan harga tiket bioskop termurah adalah Jember–tepatnya di Transmart Mal–dengan Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp30.000 di hari libur atau tanggal merah. 

Selain Jember, ada sepuluh kota lain yang memberikan harga tiket bioskop termurah. Di antaranya, Balikpapan, Bandung, Bengkulu, Karawang, Kupang, Malang, Palembang, Sidoarjo, Sumedang, Yogyakarta. Namun bedanya, untuk akhir pekan atau tanggal merah, harganya Rp35.000. 

Sementara itu, rekor harga tiket termahal berada di kota Banjarmasin dan Jayapura. Harganya bahkan dua kali lipat dengan kota termurah tadi, yakni Rp50.000 untuk hari biasa dan Rp75.000 di Sabtu, Minggu, atau tanggal merah.

Baca Juga: Strategi Peneliti Hindari Trauma Saat Lakukan Riset di Wilayah Bencana

Berikut grafik lebih lengkap yang menampilkan harga tiket bioskop di kota-kota di Indonesia. Tabel warna merah untuk menandakan harga di hari biasa, kuning di hari Jumat, dan biru untuk hari libur.

(Cuponation)

(Cuponation)

(Cuponation)

(Cuponation)

Bagaimana dengan kota Anda? Apakah termasuk tiket bioskop dengan harga termurah atau mahal?