Ilmuwan Temukan Obat yang Bisa Sembuhkan TBC dalam Waktu 6 Bulan

By National Geographic Indonesia, Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:01 WIB
TBC pada paru ditandai dengan durasi batuk berdahak lebih dari dua minggu. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Para pejabat kesehatan Amerika telah menyetujui obat TBC baru, yang apabila digabung dengan dua obat lainnya, bisa menyembuhkan penyakit menular yang mematikan itu.

Obat TBC baru bernama Pretomanid ini dikembangkan oleh TB Alliance. Hasil studi menunjukkan bahwa jika digunakan bersama dengan dua obat lainnya, Pretomanid bisa menyembuhkan 90 persen penderita TBC yang resisten terhadap pengobatan yang ada saat ini.

Baca Juga: Akibat Terlalu Bersemangat Karaoke, Paru-paru Pria Ini Kolaps

Selain itu, studi juga menyatakan bahwa campuran obat dengan Pretomanid dapat menyembuhkan TBC dalam waktu enam bulan. Juga bisa mencegah penularan bakteri itu hanya dalam beberapa hari.

Pengobatan TBC saat ini biasanya mengharuskan penderita minum banyak pil selama berbulan-bulan dan harus mendapat suntikan yang menimbulkan rasa sakit tiap hari.

Baca Juga: Dampak Polusi Udara Sama Seperti Mengisap Satu Bungkus Rokok Per Hari

Pengobatan cara itu bisa berlangsung sampai dua tahun, dan kata dokter banyak pasien yang berhenti menjalani pengobatan atau meninggal sebelum sembuh.

Penyakit TBC sendiri cukup berbahaya karena membunuh sekitar 1,6 juta orang setiap tahunnya. Ia ditularkan oleh bakteri yang lepas ke udara ketika penderita batuk atau bersin.

Artikel ini pernah tayang di voaindonesia.com. Baca artikel sumber.