Peringatan Bahaya, Mikroplastik Sudah Ditemukan di Salju Arktika dalam Jumlah yang Masif

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Selasa, 20 Agustus 2019 | 17:49 WIB
Seorang ilmuwan dari Proyek Northwest Passage pimpinan AS memotong inti es yang dibor dari Arktika Kanada dalam ekspedisi 18 hari pada Juli dan Agustus 2019. (Northwest Passage Project via Reuters)

Nationalgeographic.co.id - Para ilmuwan meneliti salju yang diambil dari sejumlah tempat di Arktika, wilayah utara Jerman, Pegunungan Alpen Bayern dan Swiss, dan Pulau Heligoland di Laut Utara, dengan proses yang khusus dirancang untuk menganalisis sampel salju tersebut di laboratorium.

“Kami memang menduga akan menemukan mikroplastik, tetapi kandungannya yang sangat besar membuat kami terkejut,” ungkap Melanie Bergmann, seorang peneliti Alfred-Wegener-Institute di Bremerhaven, Jerman.

Sejumlah ilmuwan mengatakan mereka mendapati salju di Arktikaa mengandung partikel mikroplastik dalam jumlah besar.

Hal itu mengindikasikan bahwa mikroplastik telah masuk ke dalam atmosfer dan melayang terbawa udara hingga ke pelosok terpencil lain di dunia, kantor berita Associated Press melaporkan, Kamis (15/8) pekan lalu.

Baca Juga: Wilayah Terisolasi Arktika Dihujani Mikroplastik, Bukti Parahnya Pencemaran

Para ilmuwan yang tergabung dalam Proyek Northwest Passage pimpinan AS mengebor es di Arktika Kanada dalam ekspedisi 18 hari pada Juli dan Agustus 2019. Foto diambil dari gambar video, 14 Agustus 2019. (Northwest Passage Project via Reuters)