Makanan dan Minuman yang Bagus Dikonsumsi Saat Demam

By National Geographic Indonesia, Senin, 9 September 2019 | 16:58 WIB
Ilustrasi demam. | Shutterstock (Abiyu Pradipa)

Nationalgeographic.co.id - Pada dasarnya, tidak ada pantangan makanan khusus bagi orang yang sedang demam. Kunci menghadapi demam adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan guna mempercepat pemulihan.

Meski begitu, ada makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi saat demam. Berikut adalah beberapa yang terbaik:

1. Sup ayam

Sup ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak saat melawan infeksi. Tingginya kandungan air pada makanan ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit sehingga bermanfaat untuk orang yang demam.

Selain itu, sup ayam juga mengandung asam amino sistein yang dapat melawan virus dan meredakan peradangan pada tubuh. Bagi orang yang terkena demam disertai pilek, sup ayam adalah makanan yang tepat untuk meredakan gejala penyakit ini.

Baca Juga: Studi: Polusi Udara Berpotensi Picu Depresi dan Gangguan Bipolar

2. Air kelapa

Demam bisa membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat demam harus bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Salah satu sumber cairan terbaik adalah air kelapa.

Tidak hanya memberikan cairan yang Anda butuhkan, air kelapa juga mengandung glukosa serta berbagai jenis mineral elektrolit. Keseimbangan elektrolit harus tetap terjaga agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

3. Madu

Khasiat madu bagi kesehatan seakan tak ada habisnya. Bahan makanan alami ini mengandung senyawa antibakteri serta dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini sebabnya madu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk orang demam.

Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya ke dalam makanan dan minuman. Pastikan Anda tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena sistem imunnya belum sempurna.