Mengunjungi Luang Prabang yang Kaya Akan Tradisi Keagamaan dan Budaya

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 13 September 2019 | 17:12 WIB
Luang Prabang. (National Geographic)

Nationalgeographic.co.id - Ada alasan mengapa arus pengunjung Louangphrabang (atau yang biasa dieja dengan Luang Prabang) meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kota kuno di Laos ini memiliki segalanya: kombinasi langka antara alam dan kreasi manusia, dengan sentuhan tradisi spiritual dan budaya.

Ini membuat Luang Prabang tampil menarik di mata peziarah, backpacker, hingga para petualang yang peduli terhadap lingkungan.

Kota ini berlokasi di semenanjung yang mempertemukan sungai Mekong dan Nam Khan.

Baca Juga: Menyaksikan Cahaya Pagi Berbentuk Hati di Gua Kameiwa Jepang

Luang Prabang dikelilingi oleh pegunungan hijau. Keindahan alamnya dilengkapi oleh karya seni manusia berupa istana-istana, kuil, dan rumah tradisional.

Keindahan alam

Bagi beberapa orang, atraksi utama dari Luang Prabang adalah pemandangan alam yang mengelilinginya.

Menjulang di tengah kota, melalui Gunung Phousi kita dapat melihat seluruh wilayah Luang Prabang yang menajubkan beserta kuil-kuil, sungai Mekong, dan pegunungan di sekitarnya.

Jika tertarik dengan kegiatan alam liar dan ingin mencari petualangan, Anda bisa melakukan trekking atau mendayung.

Menjadi salah satu destinasi populer bagi pecinta alam, Kuang Si–berlokasi 28 mil dari selatan Luang Prabang–merupakan air terjun tingkat tiga yang menakjubkan. Anda juga bisa berenang di sana.

Tak jauh dari pintu masuk air terjun, terdapat Kuang Si Butterfly Park, rumah perlindungan bagi kupu-kupu yang berwarna cerah.