Schandenfreude, Rasa Senang Ketika Melihat Orang Lain Kesusahan

By National Geographic Indonesia, Selasa, 17 September 2019 | 10:42 WIB
Ilustrasi tertawa. (Vince Fleming/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id - Dalam film animasi keluaran Pixar “Inside Out”, hampir sebagian besar kisahnya terjadi di dalam kepala tokoh utama Riley, yang perilakunya dikendalikan oleh lima emosi: Kegembiraan, Kesedihan, Ketakutan, Kejijikan, dan Kemarahan.

Film tersebut mendapat sambutan positif. Namun, sutradara Pete Docter mengakui bahwa ia menyesal tidak memasukkan satu emosi lagi: Schadenfreude.

Schadenfreude adalah istilah bahasa Jerman yang secara harafiah berarti “sakit bahagia” dan mengacu pada rasa senang yang dirasakan karena melihat orang lain susah.

Baca Juga: Dianggap Buruk, Sifat Pesimisme Ternyata Juga Memberikan Manfaat

Kita bisa jadi merasakannya saat seorang selebriti ternama karirnya mundur, saat seorang penjahat bengis dijebloskan ke penjara, atau saat tim sepak bola musuh kalah.

Ahli psikologi telah lama kesulitan dalam memahami, menjelaskan, dan mempelajari emosi ini: Emosi ini muncul dalam begitu banyak ragam situasi sehingga sulit dicari satu kerangka yang melatarinya. Saya dan rekan-rekan saya berusaha meneliti ini.

Ragam rupa Schadenfreude

Satu tantangan yang selalu dihadapi peneliti tentang schadenfreude: Tidak ada definisi yang disepakati bersama.

Beberapa peneliti beranggapan cara paling baik adalah meneliti emosi ini dalam konteks perbandingan sosial, sehingga mereka cenderung fokus pada interaksi rasa iri dan dengki dengan schadenfreude.

Peneliti lain melihat emosi ini dalam sudut pandang keadilan dan kesetaraan, dan apakah si penderita layak mengalami kesusahan.

Ada juga kelompok yang menganggap schadenfreude berasal dari dinamika antarkelompok - anggota kelompok memperoleh rasa senang dari kesusahan yang dirasakan orang di luar kelompok.

Dalam pandangan kami, definisi yang berbeda-beda ini menunjukkan adanya beragam sisi schadenfreude yang masing-masing memiliki asal-usulnya sendiri.

Munculnya schadenfreude

Mungkin para penulis “Inside Out” tidak memasukkan schadenfreude karena emosi ini terlalu sulit dipahami oleh anak-anak.