Langkah #BijakBerplastik, Aksi Peduli Lingkungan dengan Beragam Kegiatan Menarik

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 26 September 2019 | 09:38 WIB
Pengunjung CFD antusias berpartisipasi dalam Langkah #BijakBerplastik dengan memasukkan botol plastik ke dalam Truk #BijakBerplastik. (Dok. Danone-AQUA)

Nationalgeographic.co.id - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah sampah plastik serta mempromosikan gaya hidup berkelanjutan, National Geographic Indonesia, #SayaPilihBumi, serta Danone-AQUA, menyelenggarakan kegiatan Langkah #BijakBerplastik di area Car Free Day (CFD) Sudirman, pada Minggu (22/9).

Ada beberapa acara menarik dalam kegiatan ini. Di antaranya aksi clean up, workshop bersama komunitas Kertabumi, booth activity serta peluncuran truk #BijakBerplastik.

“Langkah #BijakBerplastik berawal dari kepedulian kami terhadap kondisi Bumi yang semakin tercemar oleh sampah plastik. Melalui gerakan ini, kami berkolaborasi dengan teman-teman yang memiliki kepedulian yang sama dengan kami, contohnya dengan Danone-AQUA dan relawan lainnya,” kata Diky Wahyudi Lubis, National Geographic Indonesia Community Specialist.

Baca Juga: Tidak Hanya Manusia, Gara-gara Karhutla Orangutan pun Terkena ISPA

Acara dimulai dengan melakukan aksi clean up di sekitar lokasi. Bersama-sama, para relawan Bumi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, mengumpulkan sampah di sekitar area CFD. Mulai dari sampah botol plastik, puntung rokok, kemasan makanan, dan sampah kering lainnya.

Meski di area CFD sudah disediakan beberapa tempat sampah, tapi nyatanya masih banyak sampah yang tercecer. Firdausina Ardian Vega, salah satu relawan Bumi, mengatakan bahwa beberapa pengunjung CFD sudah mulai bertanggung jawab terhadap sampahnya sendiri, tapi ada juga yang masih membuang sembarangan.

“Untuk sampah dalam ukuran besar, banyak yang sudah membuang ke tempatnya. Namun, untuk sampah plastik dalam ukuran kecil, banyak yang membuang begitu saja,” ungkapnya.

Setelah melakukan aksi clean up selama kurang lebih selama satu jam, para relawan berhasil mengumpulkan sampah sekitar 160 kilogram. Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dipisah menjadi sampah botol plastik dan nonbotol plastik.

Sampah nonbotol plastik akan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup, sementara sampah botol plastik dimasukkan ke truk #BijakBerplastik untuk nantinya didaur ulang pihak Danone-AQUA.

Danone-AQUA berkolaborasi dengan National Geographic Indonesia dan #SayaPilihBumi dalam rangkaian acara Langkah #BijakBerplastik. (Dok. Danone-AQUA)

Truk #BijakBerplastik yang baru diluncurkan bersamaan dengan acara ini, dapat menampung hingga 50 kilogram botol plastik bekas, memungkinkan masyarakat untuk membuang botol plastik langsung ke dalam truk dan turut menjadi bagian dari solusi masalah sampah plastik.

Truk ini mempromosikan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) dan pentingnya pengelolaan sampah yang baik sambil memperlihatkan AQUA LIFE sebagai salah satu bukti nyata hasil pengelolaan sampah yang sukses. Pengunjung CFD dapat menukarkan lima botol plastik bekas yang dimasukkan kedalam Truk #BijakBerplastik dengan satu AQUA LIFE.