6 Jenis Tenaga Kesehatan Ini Bisa Bantu Tangani Masalah Mental

By National Geographic Indonesia, Jumat, 11 Oktober 2019 | 11:29 WIB
Seorang pasien berkonsultasi dengan psikolog. (shortcoursefinder.com.au)

Nationalgeographic.co.id - Tenaga kesehatan mental dibedakan dari latar belakang pendidikan dan tugas utamanya dalam menangani pasien atau klien. Kendati demikian, setiap tenaga kesehatan mental dapat berkolaborasi satu sama lain untuk mempercepat pemulihan.

Berikut adalah beragam jenis tenaga kesehatan dan masing-masing tugasnya dalam menangani masalah mental:

1. Psikolog

Anda mungkin tak asing lagi dengan tenaga kesehatan mental yang satu ini. Psikolog adalah seorang tenaga profesional dengan latar belakang pendidikan profesi psikologi.

Setelah lulus dari pendidikan, mereka juga mendapatkan pelatihan spesifik untuk melakukan penilaian, memberikan terapi, dan sebagainya.

Baca Juga: Ketergantungan Pada Smartphone Bisa Sebabkan Depresi dan Kesepian

Kasus yang ditangani oleh seorang psikolog berkaitan dengan perilaku, pikiran, dan emosi klien. Mereka berwenang melakukan pemeriksaan psikologis, mendiagnosis, serta menentukan penanganan yang tepat untuk klien.

Psikolog tidak bisa memberikan obat, tetapi mereka dapat menangani klien dengan terapi atau konseling. Bila klien tidak mengalami perkembangan, psikolog dapat merujuk klien ke psikiater.

2. Psikiater

Psikiater adalah jenis tenaga kesehatan mental yang mengawali pendidikannya di bidang kedokteran. Kemudian, para dokter umum tersebut melanjutkan pendidikannya menjadi dokter spesialis kejiwaan.

Seorang psikiater dapat mendiagnosis gangguan psikiatri, menangani masalah kesehatan yang menjadi faktor pemicunya, serta memberikan psikoterapi.

Mereka juga merupakan satu-satunya tenaga kesehatan medis yang boleh memberikan obat. Penanganan yang diberikan oleh psikiater mencakup pemeriksaan fisik, laboratorium, serta pemberian obat-obatan.

Terkadang, mereka juga harus bekerja sama dengan dokter spesialis anak, endokrin, atau saraf untuk mengoptimalkan pemulihan, bergantung dengan pasien yang dihadapinya.

3. Psikoterapis, terapis, atau konselor

Istilah psikoterapis dapat merujuk pada berbagai jenis tenaga kesehatan mental, termasuk psikolog. Mereka biasanya memiliki latar belakang pendidikan Master serta lisensi khusus dari asosiasi tertentu.