Bahu Membahu Menembus Belantara, Petugas dan Warga Berhasil Selamatkan Orangutan yang Nyaris Mati Akibat Karhutla

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Rabu, 16 Oktober 2019 | 07:27 WIB
Orangutan bernama Sifa (atas) dilepaskan ke hutan di wilayah Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (11/10/2019). Sifa dan induknya, Mama Sifa, sebelumnya diselamatkan dari dekat lokasi kebakaran hutan dengan kondisi dehidrasi dan kurus akibat kekurangan nutrisi selama beberapa hari. (101017+0000)

Fotokita.net - Ketua tim penyelamatan dari IAR Indonesia, Argitoe Ranting mengaku kalau pihaknya pertama kali mendapatkan laporan dari warga mengenai keberadaan kedua orangutan tersebut sebelum pihaknya bersama dengan BKSDA dan warga setempat melakukan evakuasi pada 10 Oktober lalu.

“Evakuasi dan translokasi orangutan selalu menjadi pilihan terakhir dan jika bisa, kita akan menghindarinya dan memastikan orangutan dapat bertahan hidup di habitatnya. Namun kali ini tidak ada pilihan lain, keduanya terjebak hanya di beberapa bidang pohon yang tersisa. Setelah kebakaran, kawasan hutan besar telah terbakar dan orangutan ini tidak dapat kembali ke habitatnya. Jika kita tidak ada di sini, orangutan ini tidak akan selamat,” ungkapnya, seperti dikutip Tribunpontianak.co.id.

Ia menjelaskan, saat diselamatkan kedua orangutan dalam kondisi dehidrasi dan kurus akibat kekurangan nutrisi selama beberapa hari.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Mengancam Area Rehabilitasi, Bagaimana Nasib Orangutan?

Orangutan bernama Sifa (kiri) dan Mama Sifa dilepaskan ke hutan di wilayah Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (11/10/2019). Sifa dan induknya, Mama Sifa, sebelumnya diselamatkan dari dekat lokasi kebakaran hutan dengan kondisi dehidrasi dan kurus akibat kekurangan nutrisi selama beberapa hari. (101015+0000)