Sulit Mengingat Suatu Kata Saat Berbicara? Mungkin Anda Mengalami Lethologica

By National Geographic Indonesia, Kamis, 17 Oktober 2019 | 12:01 WIB
Ilustrasi lupa. (Time.com)

Nationalgeographic.co.id - Lethologica berasal dari bahasa Yunani klasik, yakni lethe (pelupa) dan logo (kata). Jika digabungkan, akan mengarah pada makna ‘melupakan suatu kata’. Psikolog mengartikannya sebagai ketidakmampuan otak untuk mengambil informasi dari ingatan yang tersimpan.

‘Fenomena di ujung lidah’ adalah nama lain untuk kondisi ini. Pasalnya, kata-kata yang dilupakan sempat tebersit di otak, namun tidak kunjung terucap di bibir.

Saat terjadi, ada yang sibuk menemukan kata yang kelupaan. Ada pula yang memilih kata alternatif untuk mengisi kekosongan ketimbang menyibukkan diri mencari kata yang terlupakan itu.

Baca Juga: Mengapa Pecandu Sulit Berhenti Memakai Narkoba? Ini Penjelasannya

Sebenarnya lethologica sudah dikenal sejak abad ke-20. Pencetusnya adalah psikolog bernama Carl Jung. Namun, catatan mengenai fenomena di ujung lidah ini dalam Kamus Kedokteran Amerika tercatat pada tahun 1915. 

Terlepas dari itu, istilah lethological memberi gambaran mengenai bagaimana otak bekerja dalam mengolah memori saat seseorang sedang berbicara.

Kenapa lethologica terjadi?

Otak tidak bekerja seperti komputer yang bisa menyimpan data dengan mudah lalu memunculkan kembali data tersebut dengan menekan suatu tombol. Cara kerja otak sangat kompleks, bahkan masih menjadi misteri karena tidak terpecahkan sepenuhnya. 

Meskipun begitu, periset meyakini bahwa lethologica adalah kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini terjadi karena fungsi otak dalam menyimpan memori dan membuka kembali memori tersebut mengalami kesalahan. 

Menurut University of Queensland, tidak semua memori disimpan dalam satu bagian otak yang sama. Terdapat beberapa bagian otak yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan memori, yakni hippocampus, neocortex, amygdala, bangsal ganglia, dan cerebellum.

Di antara banyaknya bagian otak, yang berkaitan dengan pengolahan bahasa adalah neocortex, yakni lembaran jaringan saraf berkerut yang membentuk permukaan luar otak.

Periset mengungkapkan bahwa yang menyebabkan lethologica mungkin saja karena kelelahan otak bagian neocortex. Otak yang terus bekerja, memiliki risiko melakukan kesalahan dalam menyampaikan sinyal suatu informasi. Akibatnya, seseorang bisa lupa dengan suatu kata saat berbicara. 

Namun, bisa juga menandakan bahwa fungsi otak bagian neocortex Anda cukup lemah sehingga kondisi ini rentan terjadi.