Hindari Lima Kebiasaan Buruk Ini Jika Anda Tidak Ingin Stres

By National Geographic Indonesia, Senin, 11 November 2019 | 17:17 WIB
Kondisi stres bisa memicu sesak napas. (AntonioGuillem/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat stres yang Anda alami terasa semakin buruk. 

Beberapa kebiasaan yang Anda lakukan dan beberapa pemikiran ternyata bisa membuat hormon kortisol meningkat, hingga akhirnya Anda stres. Beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari tersebut, antara lain: 

1. Sering melamun

Semua orang tentu memiliki alasan masing-masing di balik stres yang mereka alami. Entah itu masalah pekerjaan, keluarga, atau percintaan. 

Tidak jarang, kondisi stres yang sedang Anda derita justru membuat Anda lebih sering memikirkan masalah tersebut. Misalnya, terus saja memikirkan mengapa hal itu terjadi.

Baca Juga: Gratis dan Murah, Olahraga Lari Bisa Membuat Anda Panjang Umur

Mencari solusi untuk sebuah masalah memang baik, tetapi terlalu sering memikirkannya mengapa itu terjadi, bahkan secara berlebihan, juga bisa berdampak negatif terhadap hidup Anda. Apalagi, ketika Anda hanya merenungi nasib dan menyalahkan diri sendiri. 

Terus merenungkan kesalahan Anda merupakan salah satu kebiasaan yang bisa membuat stres semakin parah. Akibatnya, Anda kurang memperhatikan kualitas hidup dan secara perlahan merusak hidup Anda sendiri.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak terlalu sering melamun ketika sedang stres. Usahakan untuk lebih fokus terhadap solusi dari masalah tersebut dibandingkan memikirkan bagaimana hal tersebut dapat terjadi. 

2. Kebiasaan tidur yang buruk

Ilustrasi susah tidur. (kasinv/Getty Images/iStockphoto)

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012 dalam jurnal Experimental Neurobiology, kebiasaan tidur yang buruk juga bisa membuat hormon stres Anda ikut melonjak. 

Kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara dan berlangsung beberapa hari saja. Akan tetapi, jika Anda sering melakukan kebiasaan tersebut tentu akan menyebabkan efek berkepanjangan. 

Kurang tidur adalah kebiasaan yang bisa membuat stres yang Anda rasakan semakin buruk. Pada saat Anda tidak mendapatkan jatah tidur yang cukup, fungsi kognitif (kecerdasan) Anda akan menurun dan membuat pikiran Anda menjadi stres.