Lima Jenis Teh yang Dianggap Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 15 November 2019 | 10:22 WIB
Teh mint. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Sudah banyak yang tahu jika satu gelas teh bermanfaat untuk mencegah stroke, arthritis, kerusakan gigi dan kanker. Namun, selain itu, teh juga bisa membantu menurunkan berat badan kita.

Para peneliti menunjukkan bahwa teh memiliki kandungan yang bisa melawan penyerapan lemak. Berikut lima jenis teh yang efektif untuk membuat kita lebih langsing:

Teh mint

Daun mint bisa digunakan untuk membuat teh yang segar–baik dinikmati ketika hangat atau dingin. Ambil satu sendok daun mint kering, seduh dengan air panas, lalu diamkan hingga empat menit, sebelum diminum. Tambahkan madu jika Anda menginginkannya.

Teh mint bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Baca Juga: Lima Kebiasaan yang Membantu Anda Hidup Belasan Tahun Lebih Lama

Teh hijau

Sebuah penelitian menyatakan, kandungan EGCG yang ditemukan pada teh hijau, dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga membantu kita menurunkan berat badan. Teh hijau bisa membakar 70 kalori dalam sehari. Selain itu, ia juga meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang baik bagi kesehatan. 

Teh oolong

Penelitian mengungkapkan bahwa oolong mungkin memiliki efek yang lebih kuat dari teh hijau. Ia meningkatkan pembakaran kalori yang juga bermanfaat mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, peneliti menyarankan kita untuk minum teh oolong dua gelas per harinya. Rendam teh semi fermentasi ini selama 30 detik atau lima menit jika gelasnya besar.

Teh putih