Dari Jakarta Asa Meruap Tinggi, Sementara Warga Tepian Nusantara Telah Siap Sambut Era Disrupsi Digital

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Kamis, 28 November 2019 | 15:19 WIB
Presiden Jokowi Resmikan ()

Nationalgeographic.co.id - Pada Senin (14/10/2019), saat peresmian operasi Palapa Ring, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaruh harapan besar. Maklum, infrastruktur jaringan telekomunikasi yang menghubungkan pelosok Indonesia dan dunia tanpa batas itu bakal menggali potensi daerah yang sekarang ini dirasakan masih belum terbuka seluruhnya.

Jokowi juga menyebutkan, Palapa Ring yang sudah resmi beroperasi itu juga dapat memperkuat perdagangan serta memperbaiki birokrasi dan pelayanan publik.

"Kalau nanti ini sudah bisa kita koneksikan, 'market place' dari daerah disambungkan ke 'market place' nasional, masuk lagi ke 'market place' global. Saya kira keinginan kita itu, dan juga untuk memperkuat industri kita, bisa berkompetisi, agar bisa kompetitif," kata Presiden dalam sambutannya saat acara peresmian operasi Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Kehadiran Jaringan Palapa Ring Tengah di Kepulauan Sangihe

Menurut Jokowi, pemerintah daerah harus memanfaatkan beroperasinya Palapa Ring yang mempercepat telekomunikasi melalui internet bagi pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Potret aktivitas pagi hari dari masyarakat Sangihe, dari Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. (Josua Marunduh/National Geographic Indonesia)