Tergabung dalam Jaringan Cagar Biosfer Dunia, Peneliti Ungkap Potensi Energi Terbarukan Nan Melimpah di Kepulauan Selayar

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Kamis, 5 Desember 2019 | 07:15 WIB
Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate berada di kawasan Coral Triangle Initiative (CTI). (Asri/Taman Nasional Taka Bonerate)

Nationalgeographic.co.id - Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate berada di kawasan Coral Triangle Initiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi beragam biota laut yang langka dan dilindungi serta memiliki pulau-pulau kecil yang indah. 

Dengan demikian potensi terbesar Kepulauan Selayar adalah Kelautan, Perikanan dan Wisata.

Pemanfaatan potensi tersebut harus memperhatikan aspek keseimbangan antara eksploitasi untuk manfaat ekonomi dan pelestarian alam untuk manfaat jasa lingkungannya untuk penyangga kehidupan manusia dan mahluk lainnya.

Baca Juga: Kerap Jelajahi Lautan Tanpa Batas, Jejak Satwa Purba Itu Ditemukan di Sudut Taka Bonerate

Maka dari itu Kepulauan Selayar pada tahun 2015 masuk dalam jaringan Cagar Biosfer Dunia dan ditunjuk sebagai Cagar Biosfer dengan nama Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, dengan cakupan wilayah satu Kabupaten Kepulauan Selayar dengan zona inti Taman Nasional Taka Bonerate.

Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate berada di kawasan Coral Triangle Initiative (CTI). (Asri/Taman Nasional Taka Bonerate)