Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengalami Keracunan Makanan

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 20 Desember 2019 | 16:19 WIB
Ilustrasi keracunan makanan. (metamorworks/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Anda pasti tahu gejala keracunan makanan: rasa dingin membasahi seluruh tubuh, sakit perut, hingga akhirnya membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda keracunan makanan?

Penelitian yang dipublikasikan belum lama ini memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Setidaknya untuk satu jenis bakteri yang bisa menyebabkan keracunan.

Baca Juga: Tujuh Cara Mudah Menjalani Hidup Agar Tidak Sering Alami Stres

Sekelompok tim ilmuwan dari Australian National University berhasil melihat bagaimana tubuh merespons bakteri Bacillus cereus–si penyebab keracunan makanan dan terkadang menimbulkan infeksi serius pada tubuh, termasuk sepsis, pneumonia, dan meningitis.

Menurut Anukriti Mathur, pemimpin studi, memahami bagaimana racun diproduksi oleh bakteri dan mengapa ia menyebabkan peradangan, dapat membantu mengatasi keracunan makanan.

Diketahui bahwa racun yang dikeluarkan oleh bakteri mengikat langsung ke sel tubuh manusia. Lubang di sel pun tertekan agar bisa membunuh mereka, dan itu akan memicu respons imun.

Lalu, mengapa tekanan di lubang sel pada akhirnya membuat kita bolak-balik ke toilet saat keracunan makanan?

Dr Vincent Ho, ahli gastroenterologi dari University of Western Sydney yang tidak terlibat dalam penelitian, menyatakan bahwa hal itu ada hubungannya dengan bagian-bagian dari sistem saraf yang menjadi sasaran racun bakteri.

Bacillus cereus memproduksi lebih dari 12 racun berbeda. Salah satunya memicu muntah dan yang lainnya menyebabkan diare.

Racun penyebab muntah–disebut dengan cereulide–berkaitan dengan reseptor serotonin di lambung dan usus kecil yang merangsang saraf vagus (saraf pengendali gerakan otot di usus).

"Sinyal dari usus pun kemudian naik ke pusat otak yang mengatur rasa ingin muntah," kata Dr Ho.