Ingin Hidup Lebih Lama? Ini yang Harus Dilakukan Menurut Sains

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 16 Januari 2020 | 10:48 WIB
Ilustrasi hidup sehat dan bahagia. (kieferpix/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Ketika berbicara tentang kesehatan, banyak orang memiliki motivasi yang sama: yakni memiliki umur panjang dan menjalani hidup yang bermakna.

Meskipun sains belum benar-benar menemukan kunci awet muda, tapi para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa perilaku yang membantu kita hidup lebih lama.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Circulation, menyatakan bahwa hanya dengan berpegang kepada lima kebiasaan sehat, dapat memperpanjang umur Anda hingga satu delade. Berikut di antaranya:

Mengonsumsi makanan sehat

Diet Mediterania. (Dron G/Thinkstock)

Pola makan sangat berkaitan dengan umur panjang. Peneliti telah lama menyatakan bahwa diet Mediterania—yang melibatkan buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan dan lemak sehat, serta mengurangi konsumsi gula, daging merah dan makanan berproses—membawa banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu hidup lebih lama.

Studi lain juga menyatakan bahwa umur panjang berkaitan dengan makanan dan nutrisi tertentu yang ada dalam diet Mediterania, seperti gandum, serat, ikan, protein nabati dan lemak sehat.

Sebaliknya, makanan seperti camilan dengan pengawet, daging, gorengan, dan minuman manis, berhubungan dengan penyakit kronis dan risiko kematian yang tinggi.

Bahkan jika diet Anda tidak sempurna, penelitian menunjukkan bahwa sedikit perubahan sudah membawa manfaat yang cukup besar.

Hasil studi yang dipublikasikan pada 2017 menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat 20% lebih banyak dari yang mereka lakukan di awal penelitian, risiko kematiannya menurun hingga 17%.

Olahraga secara teratur

Olahraga mampu mencegah penuaan pada otak dan jantung, juga mencegah depresi. (nd3000/Getty Images/iStockphoto)