Astronom Petakan Putaran Gas yang Berfluktuasi Liar di Black Holes

By Daniel Kurniawan, Rabu, 29 Januari 2020 | 17:32 WIB
Ilustrasi black hole. (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id - Para astronom telah memetakan kontur dari pusaran supermasif di Galaksi Host IRAS 13224-3809, yang ditemukan di rasi Centaurus sekitar 1 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Untuk mencapai hal ini, para peneliti mengandalkan pengamatan terpanjang yang pernah dilakukan dari lubang hitam yang bertambah oleh observatorium sinar-X Badan Antariksa Eropa (ESA) XMM-Newton.

Begini cara akresi bekerja: saat material di ruang angkasa ditarik ke arah lubang hitam, ia mencapai kecepatan tinggi sehingga materi yang berputar akan memanas, mencapai suhu dalam jutaan derajat dan bahkan lebih panas dari itu.

Pusaran super-panas ini menghasilkan radiasi, yang dapat dideteksi oleh teleskop ruang angkasa saat sinar-X bertumbukan dan memantulkan partikel gas di sekitar pusaran.

Kata para ilmuwan saat menyaksikan interaksi itu, sejalan dengan cara kita ketika mendengar suara-suara bergema di sebuah ruangan - dan di banyak cara yang sama seperti gema sonik memberitahu kita tentang bentuk dan struktur ruang 3D. demikian pula 'gema cahaya' dapat mengungkapkan bentuk lubang hitam supermasif yang tidak terlihat.

Baca Juga: Lubang Hitam Supermasif Berukuran 40 Miliar Kali Matahari Ditemukan

"Dengan cara yang sama, kita dapat menyaksikan bagaimana gema radiasi sinar-X merambat di sekitar lubang hitam untuk memetakan geometri suatu daerah dan keadaan gumpalan materi sebelum menghilang ke singularitas," jelas astrofisikawan William Alston dari University of Cambridge.

"Agak seperti lokasi gema kosmik."

Teknik ini, yang disebut pemetaan gema sinar-X, bukan hal baru, tetapi terus berkembang. Alston dan pembacaan gema cahaya timnya datang dari nilai lebih dari 23 hari menatap melintasi ruang ke jantung IRAS 13224-3809, ditangkap selama 16 orbit pesawat ruang angkasa dari 2011 hingga 2016.

Dengan melakukan itu, mereka melihat sesuatu yang tidak mereka harapkan untuk dilihat: Korona lubang hitam—daerah elektron super panas yang melayang di atas piringan akresi objek—menyala secara dramatis dari waktu ke waktu yang kecerahannya bervariasi dengan 50 faktor dalam waktu hanya beberapa jam.

"Ketika ukuran korona berubah, begitu juga gema cahaya - agak seperti jika langit-langit katedral bergerak naik dan turun, mengubah bagaimana gema suara Anda terdengar," kata Alston.

"Dengan melacak gema cahaya, kami dapat melacak perubahan korona ini, dan— yang bahkan lebih menarik—mendapatkan nilai yang jauh lebih baik untuk massa dan putaran lubang hitam daripada yang bisa kami tentukan jika korona tidak berubah dalam ukuran."