5 Tips Jitu Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Cuaca Dingin

By Celine Veronica, Jumat, 24 Januari 2020 | 13:47 WIB
Ilustrasi bibir pecah-pecah (Christantiowati)

Nationalgeographic.co.idCuaca dingin merupakan musuh besar bagi kulit, terutama kulit bibir yang mudah menjadi kering dan pecah-pecah. Adanya cuaca dingin dapat menimbulkan peradangan pada bibir yang mengakibatkan berkurangnya kelembapan dan memicu kerusakan sel. 

Bibir kering dan pecah-pecah juga akan mengganggu penampilan, terutama jika tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah di bagian permukaannya. Lip balm saja tidak cukup untuk mengatasi bibir kering, berikut adalah enam tips mengatasi bibir kering saat cuaca dingin:

Gunakan lip balm dengan SPF dan bahan khusus

Lip balm dipercaya mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Namun, tidak semua lip balm dapat mengatasi masalah tersebut. Lip balm berbahan lilin (beeswax atau microcrystalline wax) sebagai bahan utama hanya mampu menahan kelembapan pada bibir. Sebaliknya, lip balm dengan bahan petrolatum dan lanolin dapat membantu melembabkan dan melembutkan bibir.

Baca Juga: Pneumonia Wuhan, Wabah Penyakit Baru yang Menyerang Warga Tiongkok

Gunakan scrub gula madu dan petroleum jelly sebelum tidur

Selain dikenal sebagai antibakteri, antijamur, madu juga mengandung protein, enzim, vitamin dan karbohidrat yang mampu mempercepat proses regenerasi pada kulit. Zat madu yang diolesi ke dalam bibir akan meresap dan tertahan di lapisan kulit sehingga melembapkan lebih lama.

Sedangkan petroleum jelly, mengandung campuran parafin, lilin mikrokristalin, dan mineral oil yang dipercaya dapat mencegah tubuh kehilangan air dan menjaga kelembapan kulit.

Gunakan pelembab mengandung minyak kelapa, cocoa butter dan lidah buaya

Minyak kelapa, cocoa butter dan lidah buaya termasuk salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit. Kandungan di dalamnya dapat menjaga dan melindungi kelembapan kulit. Tidak hanya itu, minyak kelapa memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah dari masuknya kuman.

Baca Juga: Ingin Hidup Lebih Lama? Ini yang Harus Dilakukan Menurut Sains

Hindari menjilat bibir