Cara Menjaga Paru-Paru Bebas dari Polusi dan Debu di Sekitar Kita

By Silvia Triyanti Luis, Senin, 27 Januari 2020 | 13:24 WIB
Seorang perempuan di Beijing menggunakan masker akibat polusi udara. (Lintao Zhang/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id – Polusi udara, asap kendaraan dan rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Paparan polusi tersebut dapat menodai paru-paru manusia. Udara kotor itu bisa menyebabkan berbagai macam efek samping yang memengaruhi kesehatan seperti asma hingga kanker.

Untuk mengurangi paparan polusi udara yang tidak sehat, berikut cara-cara yang dapat di lakukan:

Menggunakan air purifier

Air purifier merupakan alat untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Adanya air purifier dapat mengurangi polusi. Saat ini air purifier sendiri memiliki berbagai fungsi tambahan, seperti humidifikasi, aroma dan menyaring serbuk sari bunga yang sering menyebabkan alergi. 

Membersihkan ventilasi

Setelah menggunakan air purifier untuk mengurangi polusi udara, rutin membersihkan ventilasi juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Ventilasi yang merupakan celah keluar masuknya udara atau sebagai tempat pertukaran udara ini perlu dijaga kebersihannya.

Udara yang masuk dari luar biasanya mengandung debu sehingga ketika melalui celah ventilasi debu akan tertinggal. Jika debu tidak dibersihkan akan menyebabkan pencemaran udara di dalam ruangan.

Mengonsumsi makanan sehat

Setelah melakukan cara untuk mengantisipasi terganggunya paru-paru kita dari luar, kita juga perlu menjaganya dari dalam diri. Konsumsi makanan sehat juga memengaruhi kesehatan paru-paru.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan minum segelas air lemon di pagi hari, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, dan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Melakukan aktivitas di luar ruangan

Mendapat asupan udara segar di pagi hari efektif untuk membersihkan paru-paru kita. Rutin berolahraga di pagi hari dapat membantu menjaga kualitas kesehatan diri. Namun disarankan untuk memeriksa tingkat polusi udara di daerah tempat tinggal terlebih dahulu.