Kersen, Buah Mungil yang Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

By Silvia Triyanti Luis, Senin, 3 Februari 2020 | 14:50 WIB
Buah kersen atau talok. (Instarix.net)

Nationalgeographic.co.id – Buah kersen atau yang biasa disebut talok memiliki bentuk serupa dengan buah ceri. Namun, ukurannya lebih kecil.

Kersen juga memiliki warna yang sedikit lebih pucat daripada ceri. Meskipun ukurannya relatif kecil, kersen ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah kersen sangat mudah ditemukan di Indonesia karena pohonnya yang bisa tumbuh di mana saja. Banyak orang menganggap buah ini tidak memiliki manfaat apa pun, padahal nyatanya kersen mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kersen sebagai antioksidan

Proses oksidasi di dalam tubuh melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Mengonsumsi kersen dapat memenuhi hal tersebut karena buah ini memiliki antioksidan yang tinggi. Diketahui bahwa kersen mengandung 24 senyawa flavonoid dan fenonil. 

Baca Juga : Ingin Menghindari Penyakit Jantung? Cobalah Tidur Siang

Mengurangi sakit akibat asam urat

Asam urat dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak biasa hingga menyebabkan adanya pembengkakan. Buah kersen memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat mengurangi endapan asam urat yang terdapat di persendian tersebut.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, daun kersen pun juga bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri asam urat. Cara mengonsumsi daun kersen adalah dengan merebusnya selama beberapa menit, lalu meminum sari dari air rebusannya.

Menjaga kesehatan jantung

Daun dan buah kersen bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan menjaga aliran darah agar tetap lancar. Diketahui bahwa aliran darah yang tidak lancar akan menyebabkan kerusakan pada jantung.