Sedang Kesal atau Sedih? Konsumsi Makanan Peningkat Mood Berikut

By Aditya Driantama H, Selasa, 11 Februari 2020 | 13:36 WIB
Ilustrasi kegembiraan. (Citra Anastasia)

Nationalgeographic.co.id - Sebagai manusia yang hidup di era modern, dibutuhkan motivasi atau mood dalam menjalani kegiatan setiap hari. Seringkali mood menjadi modal awal untuk mengetahui apakah kita akan semangat dalam menjalani hari atau tidak. Memang dengan mood yang baik, segala sesuatu yang kita kerjakan terasa nyaman dan senang.

Namun apa jadinya jika mood kita sedang tidak baik? Mari simak lima makanan dan minuman yang mampu meningkatkan mood berikut ini. 

1. Cokelat

Cokelat hitam. (Lutfi Fauziah)

Cokelat mengandung flavonoid yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak, mencegah inflamasi, dan meningkatkan kesehatan otak. Cokelat sendiri juga memiliki rasa, tekstur, dan harum yang nikmat, yang tentu akan meningkatkan mood.

Lebih baik kita memilih cokelat hitam dibanding cokelat susu. Karena cokelat hitam mengandung flavonoid yang lebih tinggi dan lebih rendah gula, dibandingkan cokelat susu yang sudah ditambah gula dan lemak yang tinggi.

Baca Juga: Tidak Sama, Ini Perbedaan Ras dan Etnis yang Perlu Anda Ketahui

2. Pisang

Pisang Cavendish terancam punah. (Steve Hopson/Wikipedia)

Pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu mengatur senyawa neurotransmiter seperti hormon dopamin dan hormon serotonin yang berfungsi untuk mengendalikan emosi.

Satu pisang besar mengandung 16 gram gula dan 3,5 gram serat. Jika gula dikombinasikan dengan serat, gula tersebut akan lepas secara perlahan ke aliran darah sehingga bisa menstabilkan tingkat gula darah.

3. Buah beri