Kenali Lima Penyebab Tak Terduga dari Serangan Jantung Berikut

By National Geographic Indonesia, Selasa, 18 Februari 2020 | 10:56 WIB
Ilustrasi serangan jantung. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup pasokan darah segar kaya oksigen. Akibatnya, jantung akan mengalami penurunan fungsi akibat kekurangan oksigen.

Walaupun jarang, serangan jantung juga dapat disebabkan oleh adanya penyempitan pada arteri koroner yang menghambat aliran darah. Selain itu, serangan jantung juga dapat terjadi karena adanya robekan di arteri jantung (pemotongan arteri koroner secara spontan).

Baca Juga: Sedang Kesal atau Sedih? Konsumsi Makanan Peningkat Mood Berikut

Di luar penyebab serangan jantung di atas, para pakar juga mengatakan bahwa masih ada beberapa penyebab tidak terduga yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Lantas, apa saja penyebab tak terduga dari serangan jantung?

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan kulit kronis. Peradangan berupa bercak merah pada kulit kering yang disertai dengan sisik berwarna abu-abu.

Meski tergolong sebagai penyakit kulit, tapi psoriasis juga bisa menjadi penyebab serangan jantung yang tidak terduga.

Penelitian mengungkapkan bahwa risiko serangan jantung pada orang yang memiliki psoriasis meningkat hingga 2-3 kali lipat. Pasalnya, peradangan akibat psoriasis juga dapat merusak arteri jantung dari dalam, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Sementara itu, orang dengan psoriasis memiliki kecenderungan terhadap kolesterol tinggi, obesitas, dan diabetes. Ketiga hal ini juga membahayakan kesehatan jantung Anda.

Polusi udara

Seorang anak laki-laki menggunakan masker untuk mengurangi efek polusi udara di Beijing, Tiongkok. (Thinkstock)