Kegemukan Hingga Kanker, Bahaya Minum Soda Secara Berlebihan

By Aditya Driantama H, Sabtu, 22 Februari 2020 | 09:56 WIB
Ilustrasi minuman bersoda (Bayu Dwi Mardana)

Nationalgeographic.co.id - Soda merupakan minuman yang sangat populer di berbagai kalangan, bahkan dijadikan sebagai 'teman' melakukan aktivitas. Soda juga biasanya disajikan bersama dengan makanan cepat saji.

Namun, kepopuleran sebuah soda tidak disertai dengan manfaat yang sehat. Soda memiliki kandungan gula yang tinggi dan zat-zat lain yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan sering.

Baca Juga: Habitat Terumbu Karang Akan Punah Pada 2100 Akibat Perubahan Iklim

Mari kita simak kerugian yang diterima jika mengonsumsinya secara berlebihan.

1. Menyebabkan kegemukan

Soda mengandung banyak kalori dan tidak mengurangi rasa lapar, jadi membuat kita mudah untuk menerima banyak kalori. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sering minum soda memiliki berat badan berlebih dibanding mereka yang jarang meminumnya. 

2. Terhubung dengan penyakit kronis

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa orang yang minum soda lebih sering memiliki risiko tinggi mengalami kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

3. Berkontribusi ke penyakit liver

Soda mengandung banyak fruktosa, jenis gula yang hanya bisa dimetabolisme oleh hati. Mengonsumsi fruktosa terlalu banyak dapat membebani hati dan mengubah fruktosa menjadi lemak yang dapat menyebabkan gangguan hati secara kronis.

4. Mengikis gigi.

Soda mengandung asam, termasuk asam fosfat dan asam karbonat. Ini dapat menyebabkan asam di mulut yang merusak gigi. Ketika dikombinasikan dengan gula, efeknya akan lebih berbahaya.